Friday, July 25, 2008

ROKOK DAN KANKER

Tulisan ini saya salin dari blognya dr. Nury terkait dengan sakitnya papah mertua saya..yang didiagnosa menderita tumor pada pita suara..mohon doa akan kesembuhan beliau ..

mudah mudahan bermanfaat.
=====================================================================
Kanker pita suara 90 % disebabkan karena rokok

Berita baiknya : kebiasaan merokok, dapat dihentikan

Apa saja komponen rokok?
Rokok dibuat dari tanaman tropis Tembakau (Nicotiana tobaccum).Apabila dibakar, asap yang dihasilkan mengandung kurang lebih 4000 racun dengan 3 komponen utama yaitu Nikotin yang menyebabkan ketergantungan, TAR yang bersifat karsinogenik (pencetus kanker),dan karbon monoksida yang menyebabkan gangguan sistem pernafasan. Selain itu komponen2 lain yang terdapat di dalam rokok : - Fenol (bahan pembersih lantai) - Aseton (bahan pembersih cat kuku) - Arsen (bahan racun tikus) - Merkuri (penyebab penyakit minamata) - Hidrogen Sianida - Formalin (bahan pengawet mayat) Bahan2 di atas dapat memperbesar resiko anda terkena kanker.

Bagaimana rokok dapat menyebabkan kanker?

Apabila anda menyalakan rokok dan menghisapnya, maka ratusan, ribuan, bahkan jutaan molekul2 radikal bebas masuk ke dalam tubuh anda. Apa itu radikal bebas? Free Radicals(FR) adalah suatu senyawa yang kehilangan elektron bebasnya sehingga bersifat sangat reaktif, apabila FR masuk ke dalam tubuh FR cenderung mencuri elektron dari tubuh, proses ini menyebabkan cedera pada membran sel dan inti khususnya paru-paru sehingga terjadi kelainan dan kecacatan pada DNA. Apa akibatnya? Terjadilah proses pembelahan sel yang abnormal dan tidak terkendali dan terjadilah tumor/kanker. Selain asap rokok, lingkungan kita juga menghasilkan FR antara lain : Sinar UV dari matahari, gas buangan kendaraan bermotor, smog, asap masakan, dsb.

============================================================
Jadi sebaiknya yang masih merokok mari mari STOP SMOKING!!karena lebih banyak ruginya daripada untungnya (malah mungkin tidak ada)..

Peace

11 comments:

  1. Setuju Nie, tapi ternyata meuni hese nya ngageuingkeun Papana Daffa untuk berhenti merokok banyak pisan alasanna, alesan sebagai pembenaran tea. Papa Daffa siy mun ngaroko tara di rumah da rumah mah no smoking area, jadi dia ngaroko di ruangan dia saja, paviliun yang berpisah dr rumah, walau si haseup mah bisa terbawa angin nya, pekerjaan rumah yang sangat besar euy.

    ReplyDelete
  2. emang rokok itu bikin kecanduan. meski udah dikampanyekan segala kerugian dan akibatnya, teuteup susah berenti ngeroko. sampe yg paling parah temen saya bilang gini, kalo bulan puasa daripada harus buka pake minum mending ngeroko cenah. ckk.. ckk.. segitunya

    ReplyDelete
  3. kakak laki2 gue baru lolos kanker paru, & penyebabnya apa lagi klo bukan rokok. BTnya, pas di arisan keluarga, ipar gue ceritain ke sodara2 soal gimana2nya kakak laki2 itu kena kanker, ya terutama dia nasehatin ke sodara2 keluarga besar yg masih ngerokok, "ini loh, skrg ada contoh nyata di depan mata kalian.. cobalah brenti ngerokok".

    Ehh, tuh laki2 yg pada ngerokok, bukan pada insaf, malah pada ketawa2 ga penting gitu. & abis itu... ya tetep merokok..

    ReplyDelete
  4. semoga kakeknya neng Malya diberi kesembuhan yaaa....

    ReplyDelete
  5. smg kakek cepet sembuh ya...

    untung aja satu rumah ga ada yg ngerokok. Dan lg paling ga betah deket org ngerokok. Enak di lu gak enak digw gt kan... tinggal pergi aja kali.

    Sayangnya masih byk perokok yg blm sadar bahayanya, apalg rokok seakan jd budaya gaul bahkan untuk wanita...

    ReplyDelete
  6. oh papa shalman masih ngeroko.. kade atuh jgn deket2 sama daffa kalo lagi ngeroko.. mudah2 mdhan segera "sadar" hehehe da ternyata bener2 ga ada untungnya..

    tetap berjuang mama d!

    ReplyDelete
  7. sangat2 bisa jadi candu..iyah betul tadi pagi ge kakek dari suami (kakanya kakek) udah tua renta eta mah meuni resep we keneh kada ngaroko.. untuk di rumah udah forbiden area for smokin..

    gusti apa enakna makan haseup dan yang utama bikin rugi orang.. kalo istilah Aa gym mah boleh ngeroko tapi asep na nikmati juga sndiri . pake keresek di kepala heuheuheuu..

    ReplyDelete
  8. nah ini susahnya kalo dah jadi budaya..saya juga paling BT dulu kalo dirumah bapak2 pada ngeroko..s ampe mulek..itu kaya ada kebakaran dirumah ..

    gimana kalo dirumahnya..dipasang aja NO SMOKIN AREA!!

    alesannya ada anak anak.. heheheh kalo susah dibilangin..

    ReplyDelete
  9. Amiennnnnnnn ya rabbal Alamin.. makasih yah ..

    eyang sekarang suaranya udah semakin habis,. karena pita suara nya makin meradang.. yang paling berat sekarang sering sesak nafas.. hiks ..eyang yg udah melow jadi semakiin mellow aja nih..suka liatin malya sambil menitikkan air mata..hiks

    ReplyDelete
  10. Terima kasih..mae..
    sama dirumah saat ini Alhamdulillah udah ga ada yang merokok kebetulan suami ga merokok..saya yang paling galak bin jutex kalo pun ada yg berani..even tamu..hehehehe

    ReplyDelete
  11. betull banget.. banyak yanh sekarang di Mall2 cewe seakan dnegan bangganya menyulut rokok.. duhhh udah gitu abg2 juga..disakunya ga lepas dari rokok..

    pada saat perjalanan pulang sering banget nih liat cewe sambil bermotor ria merokok.. duhhh...

    ReplyDelete