Sunday, July 13, 2008

Bakso Ikan wortel

Description:
Pagi ini nyempetin bikin Bakso ikan yang dah lama banget ketuda tunda, baksonya dari Ikan kakap fillet plus ditambah wortel parut..berhubung Insya Allah hari ini saya shaum jadi tuh baso ga diicipin...

mudah mudah an enak..dan yang utama mudah mudahan nanti pulang kantor ada berita baik hmm...malya suka bakso ikannya..



Ingredients:
200 gr ikan kakap fillet giling/blender
100 gr wortel
1 butir telur
2 sdm muncung tepung sagu
garam
merica
gula pasir
bawnag putih halus (optional)

bahan kuah bakso:
kaldu sapi/ayam 500 cc
daun bawang
garam merica gula pasir secukupnya
bawang merah goreng

Directions:
- didihkan air dalam panci
- campur bahan bakso sampai rata, bulatkan dengan dua buah sendok langsung masukan dalam air yang dididihkan
- teruskan buat bulatan sesuai selera sampai habis
- didihkan sampai mengapung dan benar2 matang
- angkat dan tiriskan

buat kuahnya :
panaskan kaldu + garam gula merica + bawang goreng + bawang daun

hidangkan hangat dengan kaldu.

foto menyusul..

10 comments:

  1. fillet ikan kakapnya langsung digiling atau diblender aja? ga pake dikukus2 dulu gitu? bisa diganti ikan apa lagi ya?

    ReplyDelete
  2. belinya ikan fillet, terus di giling dengan cara di blender cepet ko pake mill nya itu loh, mentah mentah di gilingnya.. kan tar matenginnya di rebus.

    jenis ikan yang lain.. hmm apa yah tenggiri kali yah, tadinya aku mau nyoba salmon dirumaha da persediaan dikit lagi tapi nanggung jadinya.

    ReplyDelete
  3. alahh diliat juragan bakso eung..

    suhu terima kasih berkat latbar mu diriku ga takut dna PD bikin bakso heuheueheu..minggu depan Insya Allah mu bikin Bakso Ida

    ReplyDelete
  4. beberapa hari yang lali aku bikin dari ikan tenggiri, bahan baksonya hampir sama tapi minus wortel. tapi kok setelah direbus masih berasa amis ya?? jadi aku sendiri g kuat makannya hehe, cuman anak ama misua :D
    kira2 kurang apa ya??

    ReplyDelete
  5. ga di coba ditambahin bawang ..
    tapi kalo tenggiri apsti aga amis yah.. "bayangin pempek hehehhe..dimakannya panas2 aja kali..

    nih baso ikan ini juga blum aku coba juga smua orang rumah pada shaum..coba tar sore aku rasain apa amis ato ngga..tadi sih laporans i mbak malya mau makan baksonya

    ReplyDelete
  6. hmm.. gitu ya
    habisnya sekalinya bikin langsung amis gitu, suka jadi males unt yg selanjutnya. padahal beneran pengen bisa bikin sendiri. lebih aman dan sehat tentunya.

    ReplyDelete
  7. Biasanya yg sering aku pke daging sapi / ayam. Mo nyoba ah untuk yg ikan. Resepnya juga sama ya, cuma tepung sagu suka saya ganti dg tepung tapioka.

    ReplyDelete
  8. iyah bunda, saya juga baru ko bikin bakso ikan ini..pernahnya bikin bakso dari ayam dan sapi, tapioka dan sagu sama aja kan yah fungsinya untuk mengenyalkan..

    ReplyDelete