Thursday, July 10, 2008

18 bulan aka 1 1/2 tahun sudah berlalu..

Malya satu hari

Subhanallah tepat kamis kemarin 10 Juli 2008 Malya genap berusia 18 bulan atau satu tahun setengah usianya..halah baru aja kamu kemaren orok beureum tapi kayanya malya mah ngga kaya orok yang sebenernya hehehehee terlahir dengan BB 3.677 kgs dan Panjang 49 cm  tanggal 10 januari 2007 di RS Bersalin Boromeus.


Malya 6 hari

Betul betul ga kerasa Subhanallah berrati nikmat tinggal didunia ini.. perasaan juga baru kemaren mules mules kontraksi, jadi pengen flash back ah …saat saat mau melahirkan itu masih teringat sekali saat itu keadaan rumah lagi "genting"..

Senin tanggal 8 Januari 2007:

Hari pertama saya mengambil cuti, tepat satu minggu sebelum tanggal perkiraan lahir yakni tanggal 15 januari..hari hari tersebut eyang (papah mertua) tuh sakit dan harus operasi pada tenggorokannya..dan dijadwalkan operasi pada hari senin tanggal 8 Januari itu.. dan secara kebetulan juga eyang uti (mamah mertua-mamer) saat itu lagi persiapan masak pesanan Catering acara pernikahan yang akan dilangsungkan hari kamis..tadinya semua mau mengantar Bapak mertua yang mau operasi namun beliau berpesan tidak mau di hebohkan dan semua diminta beraktivitas biasa aja.. *mana bisa duhh..dan beliau itu cuma mengkhawatirkan saya mantunya yang lagi hamil..

Jadi hari itu senin saya “dititipkan” ke mama ku (aneh yah orang mamah kandung sendiri heuheuehu) mamah di telp untuk datang kerumah jagain kalo ada apa-apa dengan bumil padahal swear saat itu saya sendirian juga nga apa-apa ko.(nah ini enaknya jadi bumil soo special). .akhirnya mama datang nemenin saya bersama keponakan ku Rara yang usianya masih 1,5 tahun saat itu..

Siang itu saya jatuh dan meninggalkan luka lebam di lutut yag ga ilang sebulan..setelah melahirkan, pas saya bilang jatuh whuaaa bukan nya belas kasihan yandg didapat saya malah dimarahin..smua orang suami, bapak mertua dan asisten yang datang semingu2 kali juga kena getahnya, katanya ga bersih ngepel heuhehuehu* maaf yah bi..sudah jatuh tertimpa tangga.. tapi wajar mereka ngomel karena khawatir akan janin "malya'

senin itu ternyata Bapak batal dioperasi dan diundur menjadi keesokan harinya..selasa..

Selasa 9 Januari :

Kaka suami (anak tertua bapak mertua yang tinggal di bekasi) kebetulan ditelepon dan datang ke Bandung jadi bisa menemani papah operasi..

Dlalah senin malem..kontraksi itu dateng..tapi saya santai aja cuma minta ayah mengusap punggung, saat itu saya masih berpikir kontraksi palsu yang kerap datang, ayah sambil bercanda bilang "ayo melahirkan sekarang lah..biar rame"

Menjelang subuh saat mau ambil wudhu, pipis dan liat ada flek..whua paniki...langsung lapor sama suami.. dan kerepotan semakin menjadi ketika bapak dan mamah mertua dikabari..

Bapak Mertua --tidak mungkin batal operasi
Mamah--tidak bisa batalin masak (saat itu mulai harus nginep di tempat hajatannya)

suami - the only one yang paling 'sibuk' ngurusin administrasi sampe masuk ruang operasi (duh ternyata berbelit belit tuh urusan di RS teh jangan mau dehh .)

trus trus bagaimana denganku ?? wanita hamil ini?! untungnya kita berdua udah sedikit ada ilmu tentang proses melahirkan beserta tanda nya .. tuh perorimbon dan artikel "perbekalan perang" dijejerin dan mulai mengecek detail dan menulis waktu kontraksi.. juga berdoa tentunya seperti biasa mamah (ibu kandung) udah di telp untuk dateng nemenin tapi saya bilang ga usah buru-buru santai saja..padahal dalam hati saat itu bercampur deh…tegang, takut…whua macem2 deh..

while smua orang dah pada berangkat nganter papah mertua, tadinya suami ga akan ikut tapi sangat tidak mungkin..

sebelum berangkat pagis ekali didatengkan bidan kerumah untuk memastikan bukaan.. teryata masih bukaan satu..dan diprediksi secara teori paling cepat sore hari melahirkannya..buset tapi hari itu pengalaman yang ga akan terlupakan karena PD pertama kali aliyas Periksa dalam.. tegang dehh..selama ni kalo konsul hanya di USG saja..

pagi itu sampe siang saya diminta jalan-jalan keliling rumah aja berhubung ga ada yang anter keliling kompleks hehehe.. yang udah rumah kan lapang tuh aliyas blum banyak barang2 nya heuheu jadinya kukurilingan terus sambil nyatet progres kontraksi..yang hilang timbul.. untungnya segala perlengkapan untuk ke RS sudah disiapkan..

siang bada dzuhur rombongan operasi udah pada dateng lagi karena itu operasi kecil jadi papah ga perlu rawat inap, dalam pengaruh obat bius nya.. yang papah ingat cuma saya katanya dan saat tiba dirumah yang ditanya pun saya ..padahal teller berat loh..

Hari itu ayah yang kecapean ngurusin untuk operasi istirahat dulu sempet ketiduran malah sampe sore .. while semua orang ribut (mamahku dan Bu RT) kita malah santai banget yang tadinya mau ke RS jam 1 sepulang papah eh akhirnya jam 5 sore baru mulai berangkat ke RS boromeus..masih inget mamah ku ngomel sambil heran ko yah saya dan  suami santai-santai  saja padahal udah ada tanda2 melahirkan...beda banget yang seperti di tivi2 tuh hebohnya kalo ada orang mau melahirkan

yah sore itu.. hari selasa saat datang ke RS Bersalin  .. saat ayah daftar untuk bersalin.. kebetulan semua kamar penuh tinggal yang VIP dan langsung yang kebayang ama saya biayanya huhuhu..yang melebihi budget kita.. tapi saya diem aja memendam dalam hati.sambil befikir ..ayah dan mamahku tanya..memastikan keinginan ku maunya dimana?..tapi yang aku pikirkan biaya heuheuheu bodor pisan kalo inget itu.. pas mamah aga maksa..

‘gimana sih nih ko diem aja”.. saya bilang tentang biaya.. yah ampunn kompak deh mamah dan ayah ..bilang ga usah dipikirin .. yah sudah saya masuk ruang observasi, ngisi persyaratan untuk adm.. dan menetukan hari itu kalo saya mau melahirkan dengan bidan saja.dan pas di cek yah amplop baru bukaan2 tapi saya ga boleh pulang lagi..

Dsog  saya malam itu juga dipanggil ke kamar observasi saya sempet kaget dan beliau hanya memastikan betul saya pasiennya dan memberikan doa pada saya dan suami.. semoga lancar.. hatur nuhun dok..

saya pikir yah sudah dari pada duduk di ruang observasi dan makin down denger ruang sebelah yang lagi dicek detak jantung bayinya..mending jalan jalan.. berdua lah sama mamah saya jalan jalan.. keliling-keliling ruang K3 disekitaran sampe ayah dan suster bingung nyariin kita xixixi..

sampe isya blum ada tanda tanda kemajuan apa pun tapi sudah mulai di cek perkembangan nya.. dan bayangkan setiap di periksa bukaan selalu harus PD duhh adakah cara lain plis kalo boleh mengiba saat itu..

Seiring berjalannya waktu semakin malam datanglah satu persatu papahku (ayah kandung) kakak kakak ku  iyud dan atep.. dateng mendoakan dan memberi semngat dan memastikan semuanya keperluan, malem itu saya liat mama capek dan mengantuk ..suami menawarkan pada saya untukmengizinkan mama pulang dulu saya menyetujuinya .. yah sudah malam itu kita berdua bilang sama semua penungu (smua keluarga saya) papah mamah dan kakak2 ku.. Insya Alalh semuanya baik baik aja dan mohon doanya saja.. mereka setuju yah ..tepat setengh jam setelah mereka pulang jam 1 malem ada sesuatu yang pecah dan mengalir dibawah sana ternyta itu ketuban...ketubanku sudah pecah!!

and its all started..suster yang datang saat itu bilang kalau setelah pecah ketuban saya dilarang banyak bergerak kecuali bak dan bab, dan suster menyampaikan bahwa setelah ini kalo istri merasa kesakitan itu betul bukan mengada ngada katanya ..*yaa ampun suster apa saya seorang aktris yg lagi acting ..maksudnya si suster supaya suami mengerti..dan memang benar adanya setelah itu jarak kontraksi semkin dekat dan  panjangg.. yang sakitnya aduhaiiii..muless dehh tidak Allhamdulillah saya masih bisa sabar dan sangat sadar untuk tidak menjerit-jerit apalagi mengumpat .. cuma megangin dan narik kemeja ayah sih abis ga kuat nahan mulesnya itu lohh… lucunya saat itu kankan ga tidur jadi di sela-sela kontraksi itu kita tidur tapi terbangun kalo kontraksi datang ..disaat saat itu pun saya sempet terucap berulang ulang.. "sampai kapan ini sampai kapan..sambil menitikan air mata" .. suami bilang "yah tar jam 4 lahir"..nah kebetulan jam dinding tepat dihadapan bed yang saya tempati.. otomatis saya terus ngecek jam.bahkan tiap menit ga luput saya liat jam.. meski sambil menahan sakit..dan ga lupa komplain.. saat jam udah menujukan pukul 4 tapi ko blum lahir..

tepat pukul kira kira 5 saya diminta pindah ke ruang bersalin.. saat itu mamah sudah datang ke RS lagi berjalanlan kita kesana, saya pikir saya akan langsung melahirkan ternyata.. masih bukaan lima, sakit semakin menjadi sampai seperti ngigau karen saya terkantuk2..suami minta izin untuk sholat shubuh.. saya mengizinkan dengan pesan jangan lama lama…pagi itu saya dipaksa untuk sarapan..dan semua suster yang berlalu lalang di ruang itu seolah tidak menghiraukan kesakitan saya..setelah dicek saya diminta untuk tidak ‘ngeden’ kalo kontraksi dan rasa ingin BAB datang..

mana bisaaaa!!!! saya akhirnya bilang untuk panggil dokter sambil menitikan air mata menangis huhuhu.. tapi ga digubris sama ayah dan mama diluar udah bolak balik kaya setrikaan, resah!.. pak de juga nunggu in .. papah ku dan kaka2 yang lain memang sya minta untuk ga usah ke RS..tunggu kabar saja..

beberapa suster yang dimintain tolong malah terkesan membiarkan..kita berdua.. saya dan suami terus mengambil nafas saat kontraksi datang ayah terus membimbing dengan ikut ambil nafas juga..”huh huh huh huh…” tidak terhitung deh berapa kali…karena kalo ga dibarengin otomatis pikiran ini lansung ingin ‘ngeden’....sambil terus berdoa dalam hati disela sela kontraksi..”yaa bunayya ukhrujul biidznillah..!!”

betul betul perjuangan saat itu.. dan saat waktunya dua bidan menangani dengan 3 orang suster ..dan memastikan ayah akan mendampingi saya namun setelah semua siap kontraksi melemah dan tak kujung dating  sehebat sebelumnya..dicoba beberapa posisi melahirkan miring kekanan dan kekiri tetap..tidak ada hasil akhinya "menyerah" menunda sampai kontrkasi kuat datang..kali ini sambil ditunggui oleh 3 suster tadi.. tetap ambil nafas panjang yang terus terus tanpa henti dengan ayah juga ikut..sampe semua suster dan bidannya juga excited karena yang semangat ayah..*yah iyah lah bu ini kan anak berdua

dan kemudian untuk kesekian kali nya semua sudah bersiap2 lagi mengelilingi ku.. beberapa kali dicoba namun sang baby tidak kunjung nongol..datang lah dua bidan kepala ...ikut memeriksa dan mengecek jalannya persalinan saya..Ya Allah (dalam hati) saya memohon untuk memudahkan semua proses ini.. dan terpikir yang terburuk saat itu..sedikit sedikit kontraksi datang lagi.. bidan bidan itu sambil memeriksa terlihat sedikit berdiskusi dengan bahasa medis yang saya tidak mengerti dan saat itu salah satu bidan kepala  memberi tindakan suntikan induksi pada paha kanan untuk memperkuat kontraski namun tdiak ada pengaruh apapun, namun salah satu bidan kepala itu meyakinkan pada saya dan beberapa bidan bahwa saya bisa lahir normal..”wah ini sih bisa .. ayo bu, ibu pasti bisaa..!!
 

Maaf bukan soal SARA tapi saya ingat betul dua bidan kepala itu usiannya kira2 50 tahun, masih lincah dan gesit yang satu berlogat jawa kental.. dan satunya lagi yang kencang menyemangiti saya.. dari ogat dan parasnya terlihat sekali beliau orang batak..kemudian dnegans igap keduanya..memberi perintah..bidan yang berlogat jawa naik ke bed mengangkat kepala saya dan dengan posisi saya tertidur di pangkuannya..bidan tersebut memberikan aba aba saat kontraksi datang.. perut saya di dibantu ditekan..dan suasana tegang sekali saat itu.. genap 7 orang (4 bidan +3 suster) mengelilingi saya..dan suami tepat disamping kepala saya..ibu saya yang melihat kaki2 dibawah tirai semakin gemetar katanya.. beberapa kali dicoba namun tidak berhasil.. saya diminta break dan minum the manis karena udah kehausan.. saya juga sempat muntah.. duh malu deh..  

Allhamdulillah pukul 11.40 AM hari rabu Malya lahir..dan subhanallah semua rasa kesakitan itu hilang .. padahal sejam setelah melahirkan saya masih proses pembersihan, jahit sampai di seka in suster…dan yang saya ingat saat lahir malya Mamah..mamah ! betapa anakmu ini banyak dosa setelah merasakan melahirkan seperti ini! rasanya ingin sekali bertemu dengan mamah namun akhirnya bayi mungil yang didekatkan dengan saya masih berdarah2 dan berfoto dengan ayah dan bidan yang menangani persalinan ..sayang yang saya ga IMD hiks.. setelah itu ayah mengazani ketika saya masih di bersihakan..kemudian mamah datang, saya peluk dan saya minta maaf atas segala dosa saya,, mama menitikkan air mata.. haru dan menyampaikan selamat bayi sudah dilahirkan.. huhuhuhu..

Agak lama saya di ruang bersalin ini karena kamar yang akan diisi penuh semua namun Alhamdulillah Allah memberi kemudahan terus.. saat itu kami dikabari abahwa hari itu ada ruangan kelas II yang kosong dan sedang ebrsaip siap meninggalkan kamar.. untungd eh ga jadi VIP ..ayah tertidur pulas di luar saya, saya ngobrol sama mamh di ruag itu sampai akhirnya pindah ke ruangan perawatan…

Dan bayi itu saat ini sudah 18 bulan..tumbuh sehat, lincah, riang dan cantik. Alhamdulillah yah Allah..nikmat dan anugrah Mu yang tiada terkira..Terima kasih yah Allah..

4 comments:

  1. Aduh mom, pas baca langsung deh kebayang waktu melahirkan ve...

    ReplyDelete
  2. pasti yah melahirkan akan selalu menjadi bagian pengalaman dalam hidup yang ga akan pernah terlupakan

    ReplyDelete
  3. Wah perjuangannya panjang bgt ya..btw umurnya hampir sama dengan anakku, 20 juli mendatang juga genap 18 bulan.

    ReplyDelete
  4. iyah makanya unforgetable..usianya sama yah malya 10 juli lalu 18 bulan
    salam yah buat si kecil

    ReplyDelete