Monday, July 23, 2007

Kita Ngungsi...17 Juli

Banyak banget cerita seminggu ini …
Hmm mulai dari eyang nya malya yang sakit sejak jum at lalu dan ogah mam (duhh gimana yah kalo yag ini mah emang dasar nya ga suka makan), trus dapet kabar dari suami yg anter berobat ke dr kalo papa mertua kena penyakit Herpes jenisnya setelah searching kesana kemari namanya Zooster..yang kebayang adakah efek nya ke malya secara eyang nih ga betah berjauhan dan selalu nempel sama malya “ngekesek” kao bahasa belandanya.. mulai deh konsultasi cari info kemana lagi selain MBah Google dan tentunya untuk keakuratan aku juga tanya2 dibeberapa  milis tercinta, dan hasilnya aku simpulkan kalo :

Herpes Zoster nih masih sodaraan ama cacar air atau varisela. penyakit tsb punya nama berbeda, krn emang punya kelainan kulit yang berbeda, namun penyebab sama yaitu virus varisela-zoster.

Kutipannya nih :

Virus varisela-zoster (VVZ) masuk melalui mukosa saluran napas atas dan orofaring, berkembang biak serta disebarkan ke berbagai organ, terutama ke kulit dan lapisan mukosa. Bila virus tersebut masuk pertama kali ke tubuh, disebut infeksi primer dan manifestasi klinis pada kulit dan mukosa adalah cacar air (varisela).

Selanjutnya tergantung pada pertahanan/kekebalan tubuh kita, bila menurun, merupakan faktor utama penyebab virus menjadi aktif kembali. Virus varisela-zoster berkembang biak kemudian merusak dan terjadi peradangan di ganglion sensoris. Kemudian virus menyebar dari saraf tepi tempat persembunyiannya menuju kulit serta menimbulkan manifestasi klinis yang khas di kulit, keadaan ini disebut penyakit herpes zoster.

Cara penularan herpes zoster
1. Pada seorang yang belum pernah mengalami infeksi VVX primer akan mudah tertular virus tersebut dengan manifestasi klinis sebagai varisela (cacar air). Tetapi bila sudah pernah mengalami infeksi cacar air maka orang tersebut tidak akan ketularan bila berdekatan dengan penderita herpes zoster.
2. Penularan VVZ dapat secara kontak langsung dengan kelainan kulit penderita herpes zoster.
3. Penularan VVZ dapat melalui udara masuk mukosa saluran pernapasan bagian atas.
Gejala klinis herpes zoster. Sebelum timbul gejala kulit, terdapat gejala prodromal (gejala awal) baik sistemik maupun gejala prodromal lokal. Gejala prodromal sistemik berupa demam, pusing, badan lemas. Gejala prodromal lokal (setempat) biasanya berupa nyeri otot-tulang, gatal, pegal, dan kulit kebas. Bentuk kelainan kulit diawali dengan bercak kemerahan pada daerah yang sesuai dengan persarafan kulit yang terkena virus (unilateral). Dalam 12-24 jam tampak bintil-bintil berair tersusun berkelompok di atas kulit yang kemerahan tersebut dan akan tumbuh terus, berlangsung selama 1-7 hari kemudian bintil berair tersebut berubah menjadi bintil bernanah dan selanjutnya mengering. Mukosa dapat juga terkena dengan bentuk sariawan dan luka. Selain itu VVZ dapat menyerang organ dalam.
Kelainan kulit dapat sembuh sendiri dan luka sembuh spontan setelah dua minggu, tetapi memberikan bentuk jaringan parut. Pada orang tua penyakit ini tampak lebih parah dan lama.

--cukup dulu cerita herpesnya ----

Nah kan serem juga langsung deh muncul pertanyaaan ..malya kan blum pernah cacar dan baru dapet vaksinnya campaknya tar 9 bulan (meski entah ada hubnya ato gak) yg psti tring ga kebayang deh klo malya kena cacar …masih kecil getoo blum bisa ngomong,beberapa menyarankan untuk tidak kontak fisik dulu dengan penderita malah banyak juga yang menyarankan sebaiknya menghindar dulu dari pencetus karena ini virus sebaiknya yah pisah rumah dulu….tapi sebagai menantu aku ga terlalu bnyak ikut bicara menginformasikan hal tsb ke bapak ato ibu mertua..selain menjaga perasaan dan juga rasanya kurang etis -menurutku- hanya aku sampaikan dan bnyk diskusi kan ama swami..dan selalu bilang …"Im talking behalf of our daughter"..hehehe..lah emang ko..demi malya kan…akhirnya kalo mencegah papa untuk tidak kontak sama malya sangat sangat tidak mungkin wong waktu swami bilang untuk semnetara jgn dulu cium2 dan dekat2 malya (dijelasin dgn artikel2 yg aku bawa) ..ealahh meleng dikit malya udah dipangkuuu dan dicium2 ..tepat didepan mataku bayangkan ibu ibu (hiperbola!!!)

Akhirnya diputuskan kita “Ngungsiiii” hehehe kemana??? kalo rumah mama ku ga mungkin karena secara mama sibuk dan kurang kondusif terlalu rame dan pasti akan merepotkan ..jdinya kita ngungsi ke rumah pak de swami yang kebetulan tinggal sendirian di arcamanik…hari selasa sore pulang kantor telp ema -pengasuh malya- buat siap2in pakaian dan kebutuhan malya- siangnya dah telp ibu mertua cerita kekhawatiran ku kalo malya ketuleran blio bilng yah udah ngungsi aja..acc .ok..kita sampe malem ke rumah jam 8 an karena kaka minta tolong anterin control baby nya yg baru lahir, sampe rumah whuaaaaa…. Kaya mo pindahan deh tas2 gede udah siap ..Cuma setalh cek dan ricek blum lengkap …kasur malya, keperluan mam malya(krn malya udah MPASI), mandi( jolang, jemuran, panci2 heboh lah ), blum mainan dan baby Walker yag dipake buat mamnya ikut diangkuttt..udah gitu baju2 ayah bunda nya yg sekoper hehehe..heboh deh lebih kaya pindah rumah ..oh yah krn banyak bgt barang nya diangkut pake angkot bapa mertua –hihihi disupirin sama mang dado yg super tukang ngabodor ..plus kroco2 yg bantuin..malya sih anteng2 aja deh dipngku si ema..hehehee..malem2 bikin kegaduhan hehehee nah ga terasa udah hampir seminggu ini kita tinggal dirumah "eyang Pak de" sepertinya sih yang itumpangi welcome dan senang (mudah2 an) hehehe tapi aku usahakan ga merepotkan..tapi jadi serasa ngekost deh soalnya belanja2 masak2 ..dan beli2 kep peralatan dapur xixixi..secara pak de tinggal puluhan tahun sendirian..perabotannya juga sedikit yg dikeluarkan hehehe..ruamh kita deket banget sama Griya spm ada enak dan ga enaknya ..enaknya gampang klo perlu apa2 tapi ga enaknya boros bow...baru kerasa nih ngitung2 dan mahalnya sembako hihihihi

anyway Makasih yah pak de..direcokin dan di bikin heboh rumahnya..

buat eyang cepet sembuh dan harus mau makan dong..biar cepet pulih dan cepet bisa ketemu malya lagi kah...

Oh yah selama ditinggal malya ku anteng dan ga rewel..mamnya lahap pula..Alhamdulillah...

 

 

12 comments:

  1. smoga eYangnya Malya cepet baikan yaaaa

    ReplyDelete
  2. masih ngungsi yeuh :D
    sok didoakeun ngarah kakek na malya cepet sembuh, jadi nanti ngungsi kesana lagi :D

    ReplyDelete
  3. smoga bisa cepet kembali ke rumah yahh...kasian eyangnya pasti kangen tuhhh...

    ReplyDelete
  4. heuheuheu dian jaid boros euy segala cukil ge beli..trus asa ngekost ..sagala beli tapi porsi besar hehehe ga mau merongrong udah di jajah tempat na ehh menya we beras gas dsb di angkut juga hhehehe...

    ReplyDelete
  5. iyah mba rita kangen mah pasti malah senin lalu di telepon eyangnya nangis..trus hari ini juga sama...kalo eyang uti udah nyusulin kita tuh hari jum at..nenek dan kakek kebetulan minggu kemaren kita kesana ..

    ReplyDelete
  6. Neng Annie..... meni langsung konsul ka oom google..... sip lah...

    ReplyDelete
  7. udh pulang ke rumah blum Malya? mudah2an udah yah...

    ReplyDelete
  8. muhun mbah google emang kaya telkom ..selalu setiaaa hehehe

    ReplyDelete
  9. blum bunda izan nih..malya masih betah di rumah eyang pak de(pak d ga mau dipanggil eyang krn katanya masih single dan remako-remaja kolot) hehehehe

    blum tau nih sampe kapan..hubby malah udah angkut bagu sekoper lagi kemaren hehehehe..untung pak d ga pingsan..xixixixi

    ReplyDelete