Tuesday, February 9, 2010

Tips Memilih Kasur - Tips Membedakan Lateks Asli Sebelum Membeli

Rating:
Category:Other
Berhubung kasur di rumah dah ancur lebur meski dalam penampakan fisiknya masih wokeh dan masih bisa sih di boboin ..cuma nyang tidur dah merasa ga comfort..jadi nambah kesibukan nyari info ..sebanyak2nya buat cari kasur yang akan jadi temen kita semua kalo tidur hehehe.. ...bingungin soalnya setiap brand menawarkan keunggulan dan menyebutkan paling baik diantar yanga da..makanya untuk keobjektifan di kumpulkan lah ini...siapa tau bermanfaat..buat yang lagi nyari juga
========================================================
Tidak diragukan lagi bahwa kualitas kasur yang baik, akan mempengaruhi kualitas tidur dan berdampak pada aktivitas keseharian serta kesehatan si pemakai kasur itu. Maka dari itu, kasur yang ditawarkan oleh bermacam-macam produsen pun semakin canggih. Bagi Anda yang sedang ingin membeli kasur, sebaiknya kenali dahulu macam-macam kasur yang dijual di pasaran agar tidak salah beli. Kini, ada beberapa jenis kasur yang tersedia di pasaran mulai dari kapuk, busa, spring bed hingga lateks.

Bahan baku kasur kapuk menggunakan buah pohon randu, kasur busa menggunakan busa kimiawi yang dinamakan poliuretan. Untuk kasur pegas menggunakan perpaduan pegas dan poliuretan, dan terakhir kasur lateks yang disinyalir paling nyaman dibandingkan dengan jenis kasur lainnya memakai bahan baku alam berupa cairan lateks atau lazimnya disebut . Bahan dasar pembuat karet itu diolah sedemikian rupa menyerupai busa dan memiliki berjuta rongga-rongga udara yang berfungsi untuk kesempurnaan sirkulasi udara, sehingga selain mampu menopang tubuh dengan sempurna, kasur lateks antikutu, juga bebas dari tungau. Pori-pori yang dimiliki kasur lateks juga membuatnya bersih dari debu. Bahan lateks membuat kasur terasa sejuk dan mampu menyesuaikan diri dengan tingkat kelembaban dan iklim, sehingga pengguna tidak merasa kepanasan. Sayangnya, tidak semua orang bisa membedakan lateks yang asli atau yang sintetis.

Lateks alami atau biasa disebut Natural latex biasanya diimpor langsung oleh perusahaan kasur dari perushaan - perusahaan pembuat latex di Eropa yang biasanya disebut Eurolatex. Sedangkan untuk lateks sintetis atau sering disebut lateks Talalay biasanya didatangkan dari negara Amerika dan Malaysia.

Untuk itu simak tips berikut ini agar tidak tertipu ketika membeli.

1.
Dari penampilannya, kasur lateks yang asli memiliki warna kuning keemasan. Itu dikarenakan aplikasi dari proses pemurnian lateks yang hasil akhirnya berwarna kuning. Bila kasur berwarna kuning keputihan, berarti kasur tersebut menggunakan lateks sintetis.
2.
Kasur lateks yang asli biasanya memiliki lubang-lubang besar yang berfungsi memperlancar dan menjamin kesempurnaan elastisitas kasur.
3.
Cobalah untuk mengangkat kasur lateks yang Anda pilih. Jika terasa ringan, berarti kasur tersebut bukan lateks yang asli. Kasur lateks yang asli berbobot cukup berat dan tidak mudah terangkat.
4.
Kasur lateks asli memiliki side wall system untuk memberikan proteksi agar tidak jatuh terperosok saat bergerak ke pinggir kasur.
5.
Gosok dengan kuat permukaan kasur tersebut. Jika mudah rontok, berarti. kasur tersebut menggunakan lateks sintetis.
6.
Kasur lateks sintetis umumnya lebih empuk dan mudah melesak ke dalam, sedangkan lateks asli lebih elastis dan lentur serta memiliki kepadatan tinggi.
7.
Kasur lateks asli maupun biasanya dikemas dengan memperlihatkan bentuk asli lateksnya, bila anda tidak dapat melihat bentuk aslinya atau tertutup dengan cover kasur sudah dipastikan bahwa itu adalah busa / foam.
8.
Kasur lateks yang memiliki kualitas tinggi biasanya memilki zona dibagian atas dan bawahnya, zona ini berfungsi untuk menopang tubuh agar tidur lebih sempura. bila anda tidak dapat melihat zona ini dipastikan bahwa kasur lateks ini adalah busa biasa atau lateks dengan kualitasrendah.
9.
Pastikan Anda membeli lateks yang memiliki garansi resmi dan memiliki logo Latex Naturally. Dan beberapa merek sudah membekali diri dengan surat pengakuan World Federation of Chiropractic (Federasi Dokter Tulang Belakang Dunia) yang menjamin kualitas kasur tersebut mampu meningkatkan kualitas istirahatnya.

Merek - merek yang menjamin menggunakan 100% bahan lateks asli maupun sintetsis adalah sebagai berikut :

Lateks Alami (Natural Latex)
Serta USA, Revor Belgium, Lady Americana, Elite dan Spring air

Latex Sintetis (Talalay Latex)
King Koil, Dreamline, Sealy USA

Dewasa ini, kasur tidak hanya berfungsi sebagai perangkat tidur saja. Kini kasur dipercaya turut menentukan kualitas tidur seseorang, yang kenyataanya turut mendukung produktivitas kerjanya. Di pasaran, jenis kasur lateks sedang naik daun. Kasur jenis ini dipercaya mampu menopang tubuh dengan sempurna dan bermanfaat pula sebagai antibakteri, antikutu dan antipolusi. Sayangnya, tidak semua orang dapat membedakan lateks yang asli dengan yang aspal. Agar tidak tertipu berikut tips dalam memilih Lateks asli.

Latex asli mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

1. Dari penampilannya, kasur lateks yang asli memiliki warna kuning keemasan. Itu dikarenakan aplikasi dari proses pemurnian lateks yang hasil akhirnya berwarna kuning. Bila kasur berwarna kuning keputihan, berarti kasur tersebut menggunakan lateks sintetis.

2. Kasur lateks yang asli biasanya memiliki lubang-lubang besar yang berfungsi memperlancar dan menjamin kesempurnaan elastisitas kasur.

3. Cobalah untuk mengangkat kasur lateks yang Anda pilih. Jika terasa ringan, berarti kasur tersebut bukan lateks yang asli. Kasur lateks yang asli berbobot cukup berat dan tidak mudah terangkat.

4. Kasur lateks asli memiliki side wall system untuk memberikan proteksi agar tidak jatuh terperosok saat bergerak ke pinggir kasur.

5. Gosok dengan kuat permukaan kasur tersebut. Jika mudah rontok, berarti. kasur tersebut menggunakan lateks sintetis.

6. Kasur lateks sintetis umumnya lebih empuk dan mudah melesak ke dalam, sedangkan lateks asli lebih elastis dan lentur serta memiliki kepadatan tinggi.

7. Kasur lateks asli maupun biasanya dikemas dengan memperlihatkan bentuk asli lateksnya, bila anda tidak dapat melihat bentuk aslinya atau tertutup dengan cover kasur sudah dipastikan bahwa itu adalah busa / foam.

8. Kasur lateks yang memiliki kualitas tinggi biasanya memilki zona dibagian atas dan bawahnya, zona ini berfungsi untuk menopang tubuh agar tidur lebih sempura. bila anda tidak dapat melihat zona ini dipastikan bahwa kasur lateks ini adalah busa biasa atau lateks dengan kualitasrendah.

9. Pastikan Anda membeli lateks yang memiliki garansi resmi dan memiliki logo Latex Naturally. Dan beberapa merek sudah membekali diri dengan surat pengakuan World Federation of Chiropractic (Federasi Dokter Tulang Belakang Dunia) yang menjamin kualitas kasur tersebut mampu meningkatkan kualitas istirahatnya.


Jenis-jenis Kasur Lateks

Berdasarkan kandungan bahannya, kasur lateks memiliki berbagai jenis. Ada yang berbahan lateks murni, ada pula yang campuran. Kenali bentuk dan cirinya, agar mudah memilih yang terbaik.
Hampir semua kasur lateks berlabel "100% Lateks" atau "Full Lateks". Logo tersebut digunakan karena kasur lateks tidak menggunakan pegas (per). Label itu rupanya bukan untuk menunjukkan kandungan bahan.Berdasarkan kandungan bahannya, ada tiga jenis kasur lateks. Anda bisa memilih jenis kasur lateks, yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Untuk mempermudah dalam memilih, Anda bisa mempelajari ciri setiap jenis kasur.



Synthetic Latex - Permukaannya lembut dan berlubang-lubang kecil. Paling sedikit mengandung lateks alam. Komposisinya, 20% lateks alam, 80% bahan sintetis. Harga relatif lebih murah dari lateks asli.



Natural Latex - Berwarna pucat dan memiliki lubang-lubang berukuran besar. Kandungan lateks alamnya mencapai 80%. Menjadi pilihan karena usia pemakaiannya yang panjang. Selain itu, natural latex juga anti bakteri dan anti alergi.



Bio Latex - Berwarna kuning keemasan, juga memiliki lubang-lubang berukuran besar. Mengandung lateks alam sebanyak 90%. Memiliki kualitas terbaik. Selain anti bakteri dan anti alergi, juga memiliki kekenyalan yang sangat baik, sehingga mampu menopang tubuh dengan sempurna.



Merek - merek yang menjamin menggunakan 100% bahan lateks asli maupun sintetsis adalah sebagai berikut :

Lateks Alami (Natural Latex)
Serta USA, Revor Belgium, Lady Americana, Elite dan Spring air

Latex Sintetis (Talalay Latex)
King Koil, Dreamline, Sealy USA

Disadur dari :Dunia Rumah
Generated: 4 April, 2008
=========================================================

6 comments:

  1. latex awis ni.. vera mah spring bed we lah cekap.. huehehehe

    ReplyDelete
  2. nyaeta beda tipis teh..secara nu bobo na jumbo sadayana..kesehatan juga di utamikeun nih

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas tipsnya bunda. Ngomong2 ada rokemendasi di mana bisa beli lateks yang asli di Jakarta/Tangerang? PM juga boleh bunda..

    ReplyDelete
  4. sepertinya kalo di jakarta mudah yah, tapi sayang saya ga begitu tau detail di jakarta..mestinya kalo udah menentukan merek mana yang pilih (based on kriteria latex yang bagus) tinggal di cari alamat supliernya ..mbah google selalu baik hati ko

    ReplyDelete
  5. thanks infonya sangat berharga..

    ReplyDelete
  6. Bearti better untuk memilih latex asli daripada talalay? Dengan kata lain. Lebih baik spring air dr pd kingkoil??

    ReplyDelete