Wednesday, August 20, 2008

Libur Agustus dan Operasi Gigi

Sebelumnya mau bilang "MERDEKA!!" Jaya Indonesia yang berulang tahun ke 63 tahun...

yap liburan kemarin libur paling lama deh dari hari kamis sampe dengan senin wahhh paling senang dunk karena ngelonin malya lima hari, Kamis  cuti operasi gigi bungsu, jum at istirahat totall.. sabtu - senin liburan agustusan.. dong..

ah mau cerita gigi ..boleh dibaca boleh ngga... ga maksa ko soalnya nih bakalan panjanggggg hehehe (PD bgt bakal ada yg baca)..

Yap setelah berbulan bulan bahkan bertahun tahun menunda untuk operasi atau bedah gigi geraham bungsu akhirnya kamis(14 Agustus) meski sebelumnya ada aja halangan:

Setelah beberapa kali sakit gigi karena akibat gigi bungsu yang mendesak geraham depannya,

Akhir tahun 2007 :

Visit drg. SM daerah titiran setelah didera sakit gigi dan terus menjalar ke kepala dan telinga belakang..setelah dicek ternyata sudah ada pembengkakan dan radang yg menyebabkan sakitnya, namun beliau malah menambal gigi geraham atas yg sedikit berlubang dan bikin rujukan untuk difoto selanjutnya tindakan operasi akan dijadwalkan  setelah foto panoramic..

Saat itu gigi geraham sudah radang dan bengkak..gigi depannya pun sakit..dibekalin AB dan Analsik nya juga..
Foto Panoramic iyah tapiii ga datang kontrol lagi kesana..

Sakit lagi sakit lagi.. tahan tahan..nah

Suatu hari dibulan Mei 2008 ga tahan bgt sakitnya..pergilah ke RS boromeus sambil milih milih kancing drg yang bertugas hari itu dipilih lah ..drg T.. disana si gigi depan geraham bungsu ini dibor lah dan ternyata giginya sudah rusak dalam sekali, akibat di gerogoti geraham bungsunya, akhirnya hampir 1/3 gigi di hilangkan dengan lubang yg sgt dalam di tutup kapas yg diberi AB dan di bekali analsik dan AB juga obat kumur .. disarankan untuk kembali 2 hari kemudian .. namunn bandelnya aku ga datang lagi…saat itu bertepatan mau ngawas ujian saringan USM.. dan udah ga sakit lagi pastinya..

Silubang dibiarkan mengangga aja sampe hampir satu bulan cuma treatment ganti kapas dan kumur kumur terus aja meski ada beberapa kali kelupaan..

Sebulan lalu dengan penuh kesadaran berkunjung lagi ke dr.T karena merasa ga adil sama gigi sendiri..sampe nunggu  hamper 5 jam busyettt!!

Si dr.T hanya menambah pake pasta lubang yang dalam tersebut  dan terlihatlan gigi dengan bentuknya yang utuh lagi dan seperti biasa di beri obat AB saja..dan dia bilang untuk membereskan satu satu gigi saya dulu baru kemudian operasi geraham bungsu.

Eh sore hari dan malam nya si gigi yang ditutup tersebut snut snut yg sakitnya ampunn dehhhhh mencoba bersabar dan berdzikir aja berharap lupa dan ngantuk trus ilang rasa sakitnya tapi tidak dinyana si gigi makin sakitt bgt…sampe malem2 coba telp ke RSnya disarankan untuk kembali ke RS..dnegan dokter jaga..kebetulan ayah ga ada jadinya terpaksa nunggu sampai pagi hari..

Pagi pagi bergegas ke dr. T lagi sayang bliau lagi seminar ganti lah dengan drg yg lain, setelah pagi paginya daftar by phone berharap ga pake nunggu lama..Alhamdulilah ga pake nunggu lama.. dr S ini lebih komunikatif dan akhirnya dibongkar lagi tambalan gigiku.. di tetesin AB dan di beri kapas saja.. penyebab sakitnya itu ternyata ada gas yang terperangkap dalam tambalan gigi itu dan penyebab lain karena lubang yang terlalu lama dibiarkan mengangga.

Kemudian drg. S ini menjadwalkan untuk opearsi gigi bungsu dulu baru kemduain ditutup lubangnya begitu katanya..

Dibuat appointment hari senin tgl 11 agustus dengan drg M SpBm..dengan PD nya saya batalin sendiri jadawal operasi itu ke hari selasa soalnya ada kerjaan yg ga bsia ditinggal, ..taunya selasa drg yg bersangkutan ga ada jadwal di RS Boromeus..

Sebelumnya diriku sudah bnyk denger info yang positif ttg beliau juga dari info jeng rara yg baru operasi juga dengan drg M di FKG UNPAD. Jadwal beliau ternyata padat sekali apalagi di RSHS juga yah udz akhirnya ke tempat prakteknya..di Ciumbuleiut..setelah bikini janji by sms..

Selasa sore cek ternyata dijadwalkan lagi oleh blio hari kamis ..pokonya sumanget bgt deh hehehee palagi ternyata beberapa temen dan temen MP (jeng ida) berencana untuk operasi juga.

Nah kamis nih daku cuti ..pagi2 imunisasi malya dulu di K3 RS boromeus trus jalan jalan pulang dan siap2 lagi ke drg.M karena mepet bgt sampe rumah padahal jam buka praktek jam 4 sore, diputuskan pake motor aja biar cepet dan dapet nomor awal mengingat rumah ku yg diujung dunia Cijambe ke ciumbuleuit pasti lama dijalan deh..

Sampe disana udah rame ternyata setelah daftar, untungnya Ayah ngajakin dulu ke alpha mart buat beli roti dan minuman katanya biar ga BT nunggu eh kebetulan lagi ada pembukaan ospek UNPAR nonton dulu lah kita sebentar..berasa nostalgia jadul heuheuheu

Balik lagi ke drg. makan dengan cueknya didepan pasien pasien lain hehehehe..akhirnya pas jam 6 adzan magrib diriku dipanggil..sayang ayah ga boleh masuk dan mulai lah itu smua alat alat dalam baki sisiapkan.. dimulai dengan menyuntikkan obat bius loka(dugaan) dan  alat alat lain hinggap satu persatu dimulutku

Operasi hanya berjalan kurang lebih 25 menit..15 menit lebih lama dari jeng rara tuh..awalnya  masih tahan buka mata lama lama.. setelah sepertinya si dokter bergulat mencoba menarik giginya yg susah terasa tuh suara2 mengerikan akhirnya memejamkan mata saja..sampai proses menjahit

Dokter sesekali bertanya ini sakit ga? Degan logat sundanya.. trus mengeluh ko susah yah.. dan menyatakan untuk membor saja giginya.. karena katanya ada yg menolak dan tulang giginya kuat.. dan meraung lah si bor itu

..di persilahkan untuk berkumur dan ...saat kumur .. darah lah yg jelas keluar dari mulut waw....merinding nih mulai...

Setelah berhasil dibelah dan diangkat giginya dokter menyatakan wah ini udah pernah infeksi dan ada nanahnya katanya.. dan katanya ini bisa lama nih penyembuhannya.. iih si dokter nakut nakutin ahh...

Sebelumnya drg. S kan bilang untuk bedah dulu baru tambal eh di drg M ini malah bilang harusnya tambah dulu baru operasi.. jadi yg mana yg bener niyy...?!!

Ok gigt tampon..denger instruksi - bayar - dan pulang si gigi dibawa serta.. keluar ruangan  dengan penuh tatapan muka aneh "rasanya“ sedikit bicara sama ayah tapi...ayah ngajak bergegas segera kelaur dari ruangan sebelum tatapan2 aneh itu bubar melihat kesakitan ku..hehehe

tiba tiba ditempat parkir kepala pening sekali trus ada rasa yg sangat sangat tidak nyaman.. pusing dan.. rasanya kaki dah ga bisa menopang badan ini.. ayah memastikan untuk segera naik motor dan berpegangan kuat..tapi saya saat itu ga kuat dan terus bergumam "yah.. pusing yah.. yah sakitt nihh"

dan 5 menit dari itu .. udah ga sadarkan diri, masih di daerah gandok terdengar sayup2 ayah memanggil manggil dan mengguncang2kan tangan dan badan, memastikan saya sadar.. beberapa menit masih hang kemudian setelah sadar mulut nih masih kumat kamit "sakit yah" pdahal di sekeliling bnyk ibu2 dan anak anak ngeliatin kita, setelahs adar betul Ayah bilang  "masih kuat ga?, bisa tahan? "

Ayah cuma bilang "iyah iyah jgn tereak tereak..malu.." dan memastikan aku bisa terus.. ayah menelpon ke rumah untuk minta jemput..aku pastikan aku kuat dan terus berpegangan ..tapi ga lama katanya aku ngga sadarkan diri lagi.. entah ada didunia mana..tapi swears saat itu aku ingetnya kaya sudah mau "Wassalam" .. aku kaya mau mati...dan yg terbayang Malya dan Mamah ku..

ditawarin untuk mampir dirumah kakek suami sambil nugggu dijemput supir aku nolak..Ga lama kita sampai juga.. tak terasa celana ku ko basah yah jaket ayah pun katanya demikian.. kalo jaket ayah dipenuhi liur kalo celana ku.. wew..i was pee

Sampe rumah Alhamdulillah sudah sangat sadarsepenuhnya ..bersih bersih ganti baju..rebahan..ditemani si kecil Malya yg saat itu Alhamdulillah ga minta nenen..cuma liatin dan usapin aku..

sms rara ma beberapa temen yang juga baru operasi memastikan kalo keadaan yg akua lamin baik baik aja.. duhh jeng ida saat itu ngerespon langsung dengan nelpon malah sempet juga konsultasi ma drgnya .. thanks bu...si ibu bikin sumanget soalnya doi ternyata operasi 2 lansung..waw!!

Malam itu juga aku pendarahan (tapi itu ternyata karena aku masih gigit tampon) sempet dua kali menelpon drgnya memastikan keadaan ku baik atau ngga..telepon terakhir drg nya bilang jika mulut penuh darah dan darah nya mulai mneghitam segera kembali..

aku pastikan itu tidak terjadi, drg menyarankan buka tamponnya.. setelah tampon dibuka  dan mulai lah darah mnegalir terasa sruttt hangat . coba dimuntahkan waw darahsegar.. sryyt lagi sampe ngaca darahnya memenuhi mulut dan mulai berwarna marun.. kepanikan melanda.. ayah terlihat tenang dan segera manasin mobil, dan nelp drg lagi ..suster menelpon balik memastikan berapa lama sampainya..jam 11 malem nyampe anehnya sampe sana baik baik aja tuh..

Tampon diganti yg halus dan disuruh gigit..juga..setelahdiperiksa secara lokal semuanya baik.. jika masih pendarahan mungkin a da sesuatu kelainan dalam tubuh ku begitu katanya..

yang lucunya saat itu saya suster dan si dokter udah pada pake piyama..drg. sempet nyletuk" padahal kita berfoto dulu yah!" wakakakaka

bisa tersenyum..akhirnya saya..
pulang kerumah..sholat dan tidur...

nemu makan besok paginya, bikin bubur oatmeal+uht berasa Malya bgt..

duhh salah satu unforgetful moment deh.. sehari kemudian baru tau
antingku ilang sebelah..

tuh kan panjang yah.. Alhamdulillah saaat ini sudah sangat baik bengkak masih sedikitt lagi..lagi belajar membiasakan mengunyah dnegan hati hati gusi itu..yang masih ada benang jahitannya ..

Gigi geraham bungsu yang kanan menunggu!!

15 comments:

  1. kenapa gak konsul ke saya? hehe...kan emang sama bibinya tio teh dokter gigi....

    ReplyDelete
  2. waduhh teu halow halow sihh si teteh mah huhuhuhuuhu

    tenang masiha da satu gigi deui *bari sieun

    ReplyDelete
  3. ayooooo..semangaaaaat!
    satu gigi lagiii!
    aku juga mau cabut satu lagi nih..terakhiir..
    hihihhihiih..

    ReplyDelete
  4. ha? masih satu lagi? huhuhu, syereem...

    ReplyDelete
  5. haduhh... ceritanya mengerikan. itulah kenapa saya takut banget ke drg. pernah cabut tiga gigi sekaligus, nyaris semaput, padahal sendirian, jaba jalannya nanjak. sakit2 oge ditahan, ngan pas nyampe rumah langsung teriak.. waaaaa sakitttt.. sampe si mamah reuwas dan ngerasa bersalah hehe

    ReplyDelete
  6. kapan gigi graham bungsu berikutnya ? ;))

    antingnya dah ktm blm ?

    semoga lekas membaik yah

    ReplyDelete
  7. Serem pisan, bisa sampe pinsan kitu nyak. Alhamdulillah skarang udah baikan, gigi nu hiji deui iraha tah di operasi deui????

    ReplyDelete
  8. si ibu TOP deh cabut gigi tetep semangat

    ReplyDelete
  9. ga ah ga serem..
    *nyemagatin sendiri

    ReplyDelete
  10. ehh tapi ga smua yg kasusu cabut/operasi seperti sayah mom tennagggg...

    makin ditunda makin parah dan sakit .. itu yg terjadi sama saya hehhee..

    ReplyDelete
  11. Belum tau.. nih aja masih aga sedikit bengkak dan snut snut kalo ga minum analsik..

    selanjutnya .. maskin menghilangkan trauma dulu heuheueh

    ReplyDelete
  12. eh anting ga ketemu, mau gantiin??

    huhuhuhuhu

    ReplyDelete
  13. jgn tanya itu duluuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

    ReplyDelete
  14. wah ko jadi bikin horor semua orang yah

    ga ko ga hehehehhee...ayo periksa gigi ayoo..

    *jaid keingetan lagi si gigi geraham kanan

    ReplyDelete