Wednesday, March 16, 2011

Kapan yah ngajarin baca..salah ga siy..


To be Honest lama ga jurnal di MP ini padahala banyak moment yang ingin di abadikan dan di share, tentang progress kehamilan, tentang Kaka Malya, tentang aktivitas.. dan daily thing.. kaya resign nya Si Mbak Wiwin..tapi apa daya tangan pikiran dan waktu segitu gitunya ...rencana selalu tinggal rencana ..selalu diniatkan mau nulis di rumah ..sampe rumah selalu lewat magrib..main2 sama Kaka make a circle..dan terkantuk2 lah kadang Ibu duluan ketiduran di banding Kaka..

Cerita cicilan tentang Kaka Malya yang usianya saat ini 4 tahun 2 bulan, Alhamdulillah Kakak Malya sudah sangat mandiri dan kooperatif, untuk urusan sehari - hari udah ga repotin (bahasanya kurang tepat krn biasanya juga ga bikin repot ko), sudah lama dia bisa mengerjakan pekerjaan nya sendiri, mengatur kapan dia mau makan dan kapan dia tidur..kita hanya ingat kan dan prehatikan aja. Bangun tidur pagi dia akan bilang dan meminta mandi, ritualnya ddia buka bajunya sendiri, nongkrong di closet (-poop pipis), cebok sendiri, kaloa aku ingatin bersih ga.. dia pasti bilang " yaa bersih dong.. kan duah gede." untungya dia udah tau pakem membasuh dan menjaga bagian sensitif nya..sipp sipp..memeudahkan emak hamdun yg dah mulai berat ini..

Dia juga akan ambil sikat giginya dan kasih odol trus memluai ritualnya, hanya keramas dia masih harus di bantu. Oke untuk membersihkan badan nya, dia akan ngelap kering badan dan punggung nya, memakai baju (kaos dalam + celana dalam) plus celana/ blousenya, udah gitu dia akan olesin lotion ke kaki dan tangannya... ga lupa juga bedakan muka..hihii suka lucu ngeliatin anak menel dandan gitu.. hanya bagian menyisir dia selalu minta di bantu..karena Kaka Malya suka uring2an poninya ga rapi rapi.. what a girl...

Untuk Urusan mau tidur dan makan Alhamdulillah juga ga repot, dia mah kalo dah ngantuk dah tinggal naek aja ke kasur peluk guling dan berdoa..kaloa da aku cium dan peluk kepala Ibuna..kalo ga dia kan terus memjamkan matanya. Kalo bobo siang juga gitu dia akan naik ke kasur ngoceh nyanyi sana sini dan kemudian berdoa dan tidur..

Kegiatan nya sehari hari masih sama kaya dulu, senin jumat dia sekolah berangkat bareng bareng dnegan kita, aku ke kantor dan kaka ke skul, ditinggal nanti jam 10. 30 dijemput, karena ga ada asisten saat ini bagian penjemputan EYang uti kalo ga Uwa bakti (kakanya ayah)..

Sampe rumah biasanya ganti baju, main, ngemil2, kadang makan siang sebelum tidur siang kadang sesudah tidur siang, Alhamdulillah makan sudah bisa di tinggal sendiri hanya di alasin mah tetep..maen2nya..saat inilagi suka banget menulis..mewarnai (udah lewat tapi masih hobi), kebetulan udah hampir sebulan lewat malya sudah bisa menulis namanya sendiri, jadi dimana mana selalu di temukan tulisan MALYA, di bukunya dia, di buku telepon, ditagihan, surat edaran, koran, papan tulis, dimana mana..ada tulisannya..

Sebenernya kegiatan menulis ini sama sekali bukan jadi target ku dan ayahnya, untuk malya bisa membaca .. karena menurut kami terlalu dini, saat ini kita focuskan dia bermain aja, tapi untuk pengenalan huruf dan angka sudah kita kenalkan sambil main main ga maksain banget sih, tapi ga sangka juga dia udah bisa dan mengenal huruf- huruf dan angka juga, menuliskan angka sebagian sudah bisa, nyebutin dalam bahasa sunda juga inggris udha hafal.kalo ini karena di sekolah dia banyak lagu mengenai hitungan dalam bahasa sunda dan inggris..

Selain itu kita juga secara ga sengaja ngajarin surat2 pendek Alquran dan huruf hijaiyah, sederhana sekali cuma beli buku iqra murah..Subhanallah Allhamdulillah..saat ini malya sudah bisa  menghafal surat2 pendek, doa2 pendek (doa tidur,bangun tidur, naik kendaraan, makan, orang tua) menyebutkan huruf2 hijaiyah, dan membaca iqra 1 .. saya dan ayahnya tidak pernah menyengajakan untuk memulai belajar itu semua, selalu kaka malya yang memulai biasanya dengan nyamperin kita sambil bawa buku buku nya..atau selepas sholat berjamaah...

Saat ini kalo kita jalan bareng atau di rumah lagi bersama sama, dan ada tulisan Kaka Malya selalu menanyakan kepada Ibu atau ayah apa itu bacaannya, kadang2 ayah memang mengajarkan malya bermain2 kata2 dengan mengeja dan she looks so excited n enthusiastic,,padahal bukan pada saat serius..kebanyakan misalnya menjalang tidur atau baru bangun tidur..


Belajar membaca dan menebak huruf hijaiyah

Ini sempet menjadi dilema buatku, apakah ini saatnya untuk mengajarkan Kaka membaca melihat dia selalu bertanya bacanya apa bu ? itu apa bu, atau dia selalu menunjuk dan menyebutkan huruf2 dalam tulisan yang dia liat kadang dia eja..kadang berhasil kadang ngga..sepupu2 nya yang berusia 5, dan 6 tahun suda pada bisa dan pintar membaca, dia kadang kalo ngumpul dengan sepupunya rebut2an membaca eh Kaka yang ga bisa ..kasian tapi sampe hari ni ga membuat saya untuk maksain mengajarinya membaca..

Yang saya juga belum ngeh apakah tepat atau ngga keputusan ini..yang saya pegang saat ini biarlah kemampuan itu mengalir sesuai usianya saja.. calistung menurutku di ajarkan pada saat anak usia sekolah meski kita tau sebagian besar sekolahan menuntut anak untuk mampu CALISTUNG sebagai syarat masuk sekolah SD..gubrak dehh

Mungkin jurnal tulisan ini terkesan narsis, dan mungkin malah sebagian orang tua hal tersebut dan kemampuan tersebut biasa saja.. tapi buatku ini sungguh hal yang luar biasa..soo jangan eneq yah wekekekekee..

at the end ..kapan sebaiknya anak mulai diajarkan serius membaca berhitung dan mengaji..




eleuh di buru2 makan siang ..jurnal to be continued


4 comments:

  1. teu acan teh..sabar we nu penting mah di suport... sedini mungkin ya teh ngajari anak ..khaira baru bisa do'a makan *tukang makan :p* .. klo nulis maklum masih corat coret dimana mana.. yg penting ada minat teh..terus suport kaka mayla aja..cup cup buat dede bayi di peyut

    ReplyDelete
  2. iya aku juga ga serius ngajarinya.. cuma kalo tanya ..misal gimana nulis namanya.. aku tulis..eh dia ngikutin dan lama2 setiap kertas ditulis namanya..tapi aku ga ngoyo ngajarin ..kalo dia tanya ku jawab kalo ngga yah uda..

    ReplyDelete
  3. weiss ibu apdet thank bu linknya bermanfaat bgt..

    ReplyDelete