Sunday, November 15, 2009

Liliz

30 September lalu..datang lah dua orang..satu sekitar usia 30 an...satunya lagi 17 tahun (ku kira malah sekitar 16 thn an)..dengan bi Eti yang janji mau bawain Asisten..sore itu masih nunggu ayahnya jadi blom sempet ada pembicaraan.. swear yang aku pikir  mau jadi asisten teh yg older nya.. taunya yg ABGnya.. dasarnya kupikir itu karena si abg ini ga sama sekli punya tampang untuk jadi asisten (ini ga bermaksud merendahkan profesi asisten ah..)ini penilaian mata secara sekilas aja.. malah ku pikir ni anak SMA yg lagi puncak puncak jaya nya hueheue..

Anak ABG 17 ini ternyata yg bakal jadi temen Malya dikala aku ngantor..waktu itu dia pake jeans abu abu lurus (model pinsil yah istilahnya) baju dress semi batik hitam putih trus pake cardigan..rambut model sekarang yg apke poni acak (apa sih istilahnya ga ngerti)..anaknya putih bersih (gw aja kalah lahh)..mungil.. ga nyangka banget deh..pokonya secara garis besar cantik lah..

Setelah bernegoisasi dan ngobral ngabril barengan Ayah juga .. sepakat dan sejak hari itu Lilis panggilannya..(dia lebih suka dipanggil LIz) kerja....ga suka bilang kerja..lebih tepat tinggal bareng kami nemenin Malya..dan bantu kerjaan rumah..

Sejak liz kerja di rumah makin hari makin senang deh akyu.. secara anknya mau belajar.. meski diawal malya masih ga mau akur dan masih suka mangil manggil mbak entin (mbak  lama)..tapi dia mau sabar dan mau belajar smua pekerjaan dia kerjaain without complain..anaknya ramah fun. suka becanda.. selalu ceria..anaknya resik hobinya mengawali kerjaa dan mengakhiri hari selalu mandi..kadanga mandi jam 10 malem..anaknya sopan baik dari tutur kata juga berpakaiannya dia  jrng keliatan lgn nya meski dirumah, jaket selalu di pake..entah takut item juga hihii..

Semua orang suka sama liliz..malya udah kenal dan deket..supir supir juga akrab..para tukang tukang..sejak ada liliz hobi pada nyambangin rumah kalo sore hari rame (katanya) secara daku mah pulangnya always late..pak de ku yang rutin kerumah juga suka sampe manggilnya "neng mencrang"

Untuk kemudahan sempet di beri kewenangan oleh ayahnya Malya tuk pake motor karena dia biasa naik motor dikampungnya..tapi aga susah menyesuaikan dengan yg matic..karena ke luwesannya juga dia..cepet akrab dengan siapapun asisten asisten mama mertua, bule bule kami dari jawa..sampe lngket bgt..sama lilis (secaraw aktu itu alm eyang sakit dan bergantian kerabat pada nengokin ke rumah)..semuanya bisa berkomunikasi dnegan bahkan sangat baik sama neng liliz ini..

Dengan ku sempet bercakap cakap tentang keinginan nya skul lagi, INsya Allah waktu itu aku mau kabulkan..malah sneng dneger anak yg masih mau belajar..dari pda yg di paksain sekolah tapi anaknya malah ga bener..

Sampe akhirnya papah Alm meninggalkan kami smua..bebrapa hari kemudian bapaknya liz  menelpon minta izin untuk bisa pulang dulu karena ada keperluan mendesak, saya konfirmasikan ke lilis sekaligus menayakan ada apa gerangan, ybs ga ngerti  juga tapi dia juga di hub oleh bapaknya untuk segera pulang hanya dia ga enak karena masih sibuk dngan wafatnya ayah mertua..

pada akhirnya dia pulang hari jum at 30 oktober lalu tepat ketika saya harus dinas ke jakarta, itu pun saya yang maksa2in ..karena takutnya sya yg menahan nahan.. lilis sih dnegan pertimbangan "malya sama siapa bu?".."gpp bu"..

tapi ditengah jalan menuju jakarta bapaknya menelpon lagi ..dan mohon maaf karena lilis akan tidak kembali lagi aliyas akan pulang..hiks..apa mau dikata yah udah deh..lilis juga smpete pamit melalui smsnya..saya yakin lilis kala itu galau karan dari pembicaraan nya dia bilang..takut durhaka sama ornag tua..

setelah itu saya berkirim sms aja sama lilis, dia bilang dia dilamar dan mungkin akan nikah (yg trkhir itu dugaan saya aja) dari lilisnya sendri ga ada kata kata pastinya, dan terkait sama gajinya yg masih ada sisa, lilis ada dateng lagi kerumah untuk ambil sisa gajinya..awalnya ga akan dateng dan ga akan diambil, tapi aku ga mau karena itu haknya.. dia terus meminta maaf dan berjanji akan membicarakan lebih lanjut tentang kemungkinan dia kembali lagi..dia sih betah kerja di rumah.. ada beberapa kali dia sms bilang kangen dan ingat sama malya..

Semua yang di rumah kehilangan .. selain Malya..supir supir dirumah dan tetangga pada nanyain....even malya..sempet mogok sekolah..hiks..apalagi saya .. liliz meninggalkan saya setumpuk setrikaannn..

Waktu berlalu..kuliah dah mulai masuk lagi..yah dimulai lah pekerjaan mulia yg takan berakhir ini..bangun tidur nyetrika..masak..mandiin dan suapin malya siapin bekal..jemput oleh eyang uti, kerja..kuliah..dan pulang dnegan tenaga yang  siap untuk memilah cucian dan meminta bantuan sang mesin..untuk menggilasnya..untuk kemudian di pagi hari di jemur...

Sampai dengan pagi ini..semua bisa berjalan ternyata..hanya keadaan ini sangat sangat memungkinkan konflik dan friksi karena secara fisik dan mental sudah lelah ..

dan pagi ini dapet sms ..berbunyi intinya .." kalo liz kateun ibu deuing boleh ga?"- kalo liliz ke rumah ibu lagi boleh ngga?"..

Allhamdulillah..dia bilang udah di restuin sama bapaknya..alhamdulillah ..dan dia on teh way ke rumah hari ini..
si merak dateng lagi (kenapa merak karena hobi makan pedes..bala bala hiji rawitna 15 lebih

ket foto: liz ketiduran di tangga..nungguin aku pulang..doi blm masu masuk kmr kalo aku blom pulang

8 comments:

  1. weeehh....asik tuh temennya malya di rumah
    emang lbh enak yg masih muda ya, bisa diajarin ^__^
    btw, ada ga ya, asisten yg mau diajak ke jayapura?
    kl ada info, boleh ya teh :)
    thank you

    ReplyDelete
  2. ikut seneng ya say..
    smoga awet slalu..

    ReplyDelete
  3. akhirnya si neng liliz dpoto ibu...
    he eh geulis ya ceu..

    jgn mau nikah muda neng, kerja dulu ajah ngumpulin uang yg bnyak. hehehe..

    ReplyDelete
  4. baik tak sampein sama ybs ..
    doi barusan aja nyampe..tadi nelp mau pulang dulu ada sesuatu yg ketinggalan di ambil..aneh2 aja tuh anak ..

    ReplyDelete
  5. sing betah nyak Liz,d rumah ge akhirna aya nu nginep oge umur 16 tahun, hobi nonton Naruto pas pisan sm si kk daf, mayan lahhhhh bisa menyusui s adik dengan nyaman biasana aya we order teh pas nyusuin s adik da style tidur jd d sangkana lg santai

    ReplyDelete
  6. hihii kaka teuteup ga mau liat mama santai hehehe..sugan teh tikamari aya nu mondok.. terang kitu si Liz nawisan rencangna salembur..tapi hoyong pacakeut cakeut..

    ReplyDelete
  7. Baru 1 buan Ni nu mondok, dulu pernah aya nu mondok saat Kk Daf umur 3 bulan-7 bulan, selama ini mah nu pulang pergi terus.

    ReplyDelete