Wednesday, November 18, 2009

Emak Ingin Naik Haji

Rating:★★★★
Category:Movies
Genre: Drama
Semalem setelah sukses nungguin dosen yang tiada kabar sampe dua jam, akhirnya ngacir ke bioskop ma jenk Dezy nonton filem ini...

Sebuah filem drama religi yang diangkat dari novel nya Asma Nadia yang berkisah tentang ketulusan hati dan kerinduan kepada Tuhan, dibumbui dengan kecintaan luar biasa seorang anak kepada ibunya, menurutku nih sangat sangat realita banget..dan sarat nilai - nilai kehidupan seperti kegigihan, ketulusan, kasih sayang, semangat tolong menolong, berbagi, berserah diri, dan banyak nilai yang hampir dan kadang kita lupakan di saat ini..

Kalo coba ku ceritain kurang lebih kaya gini nih Emak (diperankan oleh Aty Kanser) wanita usia lanjut yang sabar, tulus, dan penuh kebaikan hati, sangat ingin menunaikan ibadah haji. Sayangnya, Emak tidak memiliki biaya untuk mewujudkan keinginannya. Emak sehari-hari berjualan kue dan juga dari Zein, anaknya yang duda, penjual lukisan keliling. Walaupun Emak tahu bahwa pergi haji adalah hal yang sulit diraih, Emak tidak putus asa, dia tetap mengumpulkan rupiah demi rupiah untuk disetorkan ke tabungan haji di bank sebanyak 5 juta yang berhasil ditabungnya selama 5 tahun, yang pada akhirnya sehari setelah di setor emak harus iklas mnegambil kembali tabungannya demi operasi hernia cucunya..meski ternyata tidak semua dipakai oleh anaknya itu (ini yg bikin aku ggrr dan miris)

Zein, yang melihat kegigihan Emak, berusaha dengan berbagai cara untuk dapat mewujudkan keinginan Emak. Tapi, keterbatasannya sebagai penjual lukisan keliling, serta masalah-masalah yang diwarisinya dari perkawinannya yang gagal, menyebabkan Zein hampir-hampir putus asa dan nekat, namun usaha kenekatannya digagalkan oleh kesahduan dan keshalihah an emak..

Sementara disisi lain tetangga Emak yang kaya raya seorang juragan haji yang telah berkali kali menunaikan ibada haji, bersama sama keluarganya dengan penuh kemudahan dapat melakukan ibadah haji dan umroh kapan saja mereka inginkan, Di tempat lain ada juga orang berniat menunaikan haji hanya untuk kepentingan politik dan gelar / titel saja demi kepentingan meraup suara dalam pemilihan umum.

Film Emak Ingin Naik Haji bener bener dekat sekali dengan kehidupan sosial yang terjadi saat ini..menyentil fenomena sosial keluarga muslim yang hidup berkecukupan dan dapat berkali-kali naik haji sementara banyak keluarga muslim lain yang tak mampu menunaikan rukun Islam kelima tersebut atau harus bersusah payah menabung bertahun-tahun untuk mewujudkan impiannya pergi haji.

Emak adalah representasi dari kelompok masyarakat yang sangat merindukan Mekah, tetapi karena persoalan finansial, maka pergi haji menjadi sebuah hal yang sangat jauh di awang-awang. .

Subhanallah..berhasil menggugah aku bagaimana cintanya Emak pada Sang Khalik..sehingga rinduu sekali untuk dapat kerumah Allah..meski hal tersebut sangat jauhh..dari impiannya..yang pada akhirnya..semua yang mustahil adalah menjadi mungkin jika Allah berkehendak..seperti ending film ini..

bagaimana emak denagn usahanya untuk mewujudkan mimpi nya dengan iklas menyerahkan uang hasil tabungannya untuk menolong yang berkesusahan..terlepas ada itikad baik atau tidak Subhanallah..

PR ku ingin bawa mamah dan mama mertua buat sama sama nonton film ini...dan sekaligus untuk interospeksi diri dan menjadi lebih bersyukur dan bisa mensukuri apa yang kita miliki..


6 comments:

  1. baru nonton kemarin... oke :) tinggal bikin ulasannya...

    ReplyDelete
  2. ditunggu ulasannya..
    lebih baik kan dari pada nonton yg horor2 n yg sexy2

    ReplyDelete
  3. haha, aku gak pernah nonton film2 begitu di bioskop. Rugi... yang gratisan di tipi aja males hahaha

    ReplyDelete
  4. loh di TV ada juga toh?? (ga pernah nonton Tipi dan ga juga niatan nonton yg begituan -ngutip istilah mas fathin-)

    ReplyDelete
  5. ada tuh, di indosiar, rcti kadang-kadang... tapi males aah.

    ReplyDelete
  6. kalo dah ga males apsti nonton yah hehheee

    ReplyDelete