Wednesday, July 1, 2009

Mudah mudah an ngga apa apa

Semalem sampe rumah sekitar jam 7 dapet laporan dari eyang via suami..kalo entin, asisten yg jagain malya batuk berdarah.. wow kaget tapi keep calm .. anaknya diliat udah ngerem di kamar..belum tau suasana hati dan kondisinya..malya dah minta di kelonin. yah udah..setelah bersih2, sholat dan ngelonin malya niat mau..samperin kamarnya dan tanya kondisinya..

Ayah udah tanya2 duluann.. tau kann entin loadingnya lambaatt banget ..unpredictable..kadang sinyal kuat banget..tapi bnayakan sih lambat..

taunya kebablasan.. sampe pagi menjelang baru bkeangun, jam 5.30 pas ambil wudhu keliatan di kamarnya dah ga ada sih uda h beres..berarti dia baik baik aja, soalnya masih ngerjain pekerjaan di pagi hari.. kalo doi sakit ga maksain .. pasti masih ngeringkel..beberapa kali dia demam dan dia bangun nya siangg banget..jadi masih berfikir positif dehh..

saya samperin di dapur dengan memikirkan alternatif pertanyaan takutnya loading lambat..taunya...Alhamdulillah bisa di mengerti.. secara fisik sih dia ok.. ga kedegneran kaya batuk berat.. dan batuk terus menerus, katanya dia kaget kamarin sore dia ngeluarin dahak ada darahnya dan aga sakit di dada..ga da pusing ga ada demam..aku tanya.. suka keringat dingin malem? dia bilangg nnggaa..(masih blom yaklin karena nanya nya sekali.. takutnya dia ga ngerti)..di putuskan pagi ini saya antar dia ke puskesmas terdekat..karena kalo ke dr ga da yg buka pagi2..

Kebetulan hari ni jadwal terapi eyang juga..jadinya Malya ikut ayah..siangnya di jemput nenek jalan jalan..

wedew i felt sad..pelayanan kesehatan di puskesmas jauhhhhhh dari sempurna...ini pertama kalinya ke puskesmas ujungberung dah jauhhhhhh..jalannya. tempatnya mojok..dah gitu pas dateng kita mesti antri di loket yang letaknya di luar persis di parkiran..kalo antri sih mending nih bejubel ga karuan..persis antri2 BLT or minyak (ah minyak masih bisa keliatan rapi berbaris)inii awut2 an.. ga da yg bisa ditanyain..musti dari mana.. saya coba baca2 pengumuman seadanya dan tanya sekitar..mu masuk ke pintu loket dah ga memungkinkan ngeliat ibu2 mostly bejubel dsitu bisa di sikut ..pikirku.. lama2 aga berkurang..dan saya bisa daftar..duhh miris dng kondisi pelayanan kesehatan masyarakat.. seharusnya masyarakat berhak mendapatkan layanan kesehatan jauhh lebih baik dari ini..

Setelah lumayan menunggu panggilan kembali.. akhirnya kta masuk ke pemeriksaan..akhirnya dipanggil juga kita dipanggil..setelah ku cerita kan gejala dan apa yg terjadi dokter..hanya merujuk untuk periksa rontgen di RSUD ujung berung tanpa ada pemeriksaan apapun.. dan juga periksa dahak..

Lansung deh ke RSUD Ujungberung berpanas2 ria. jam 11 panas pol lahh. entin dalam kebingungan.. sepertinya, dia bilng dia takut..mukanya tampak sedih, ga lama nunggu di RSUD daftar ke radiologi.., tadinya mau coba konsul ulang ke dokter umum di RSUD tapinya udha tutup..pas waktunya di panggl untuk di foto rontgen..
si entin di suruh buka baju dan ganti dnegan baju dari RS dia ..nangis sesegukan.. ..lamaa dan alot juga yakinin ..kalo itu cuma difoto aja ga apa2..untuk liat paru parunya.. trus sampe ta bilangin kalo saya juga berkali kali rontgen gpp.(bohong mode on).akhirnya mau juga..sampe kita nya mesti ikut dulu ke ruang foto..

sampe di luar.. ada bapak2 yag cerita cuma check up aja.. saya bilngin ke entin tuh bapak juga setahun sekali di foto buat koleksi gpp....heuheue..

Besok..waktunya cek darah dan dahak..saya berharap mudah2 an hasilnya baik, pemeriksaan ini megarah untuk tau apakah ini TBC atau bukan.. saya berharap hasilnya negatif..dan kalo pun iyah segera dapat ditangani..

Yang ditakutkan adalah tertular ke Malya..saya coba sehalus mungkin menyampaikan..jangan sampe dia merasa tersinggung dan terkucil dngan perlakuan kita smua..saya bilang sama entin.. "ibu teh nyaah ka entin ..mun teu mah geus we ti malem keneh di suruh pulang..ayeuna di pariksa ngarah terang kunaon..bisi aya nanaon bisa buru2 di obatan.. mun teu aya nanaon oge kan lebih tenang ai udah di periksa mah.. ulah mikir macem macemnya..."

Alhamdulillah mau mengerti..untuk sementara dijauhkan dari malya dan pake masker..

Entin semoga kamu baik baik aja yah...saya belum berencana mengistirahatkan dia karena belum tau apsti kenapa..eyang tadi pagi udah bikin surat tertulis perkara diistirahatkan nya entin, semoga setelah ada hasil bisa diputiskan apa jalan terbaiknya..semoga sih dia ga kenapa napa berharap luka pada tenggorokan saja..masih tetep browsingd an observasi.. sambil nunggu besok..


8 comments:

  1. Amin, semoga Mbak Entin gak sakit parah.

    ReplyDelete
  2. mudah2an bukan mbak. kalaupun iya, dengan terapi insyaAllah sembuh (bukan begitu). jadi terharu niy

    ReplyDelete
  3. Amien, itu yang saya dan kami harapkan jugambak.
    Kalo terbukti positif berarti smua mbak. Alhamdulillah hasil rontgen baik..tinggak dahaknya saja .masih harus besok besok lagi

    ReplyDelete
  4. itu yang juga kami harapkan..hasil tes semua yg dijalani adalah jawaban kepastian bagi kami semua

    ReplyDelete
  5. Iya mbak ade, makanya saya ga kasihd ia pulang juga..saya mau diagnosanya tegak dulu apa yang terjadi sebenernya. kalo memang terbukti positif .. kan segera bida di obatin, kalo pun hasilnya tidak ada apa2..at least baik buat dia dan tentunya buat kita smua...

    ReplyDelete
  6. ohh ini teh ceritanya ya mama malya..kasihan si Entin..semoga cepet sembuh n kagak napa napa

    ReplyDelete
  7. Hari ni..hasil rontgen nya bagus.. tinggal periksa dahak besok..kenapa yah mesti dibesok besokin..duuu

    ReplyDelete