Tuesday, August 17, 2010

Mellow melow day ending with happy

Merdekaa!
17 Agustus..kali ni jatuh di bulan romadhon,..dan dulu saat di proklamirkan kemerdekaan oleh Presiden Soekarno juga saat bulan romadhon loh hari jumat lagi...semoga berkah...

Hari itu seharusnya ibu ikut berupacara, tapi bulan puasa duhh..ibu berat..padahal kata ayah mau dianter plus ditungguin bareng malya, tapi kaki berat banget -baca malas..

Jadilah hari ni dirumah aja, tapi to be honest ibu selalu menantikan tanggal 17 agustus ini, bukan karena liburnya, juga perayaaan nya..(padahal dulu langganan juara lomba melukis wkwkwk-prestasi bukan sih), yahh yang selalu ibu tunggu dan bisa mematung sambil mewek termehek mehek ..menitikkan air mata haru..yakni pas upacara pengibaran bendera merah putih oleh para paskibraka..yapp pokonya bisa sampe terbawa suasana haru.. bangga..pada mereka pasukan paskibraka, yang ibu yakin mereka adalah gambaran anak indonesia yang selain cerdas juga memiliki karakter yang dapat dibanggakan..

Bertiga kita nonton eh malya juga ternyata excited meniru dan banyak bertanya terutama saat salah satu paskibraka pembawa baki dan harus turun mundur semua detail ditanyakan, sampai akhirnya ikut larut bernyayi lagu Indonesia raya, dan malya ngiringin jadi dirigen nya.

Again that made me cried..apalagi saat malya bilang.."bu bu Malya kalo udah gede mau jadi paskibra kaya gitu.."...Amiennnnn.. dan tiba tiba makin mewek lah ibu.. kebayang dong kalo itu beneran malya,huahh..melow bin cengeng, kalo ga dikata2in dan diledekin ayah ibu terus mewek kayanya..(apa karena ibu dulu gagal yang jadi anggota paskibra)...

Amien nak..amien yan rabbal alaminn..menyaksikan para paskibraka aja bikin ibu haru apalagi membayangkan kalo someday malya memiliki kesempatan untuk menjadi salah satu paskibrakanya..huaaa..Aminn yah Allah aminn...

Cerita lain lagi ahh..supaya ga bikin berkaca-kaca..
Pagi itu selepas adzan shubuh ibu nyicil bikin kue kering, sengaja ibu bikin jauh hari karena supaya di akhir bulan ramadhan bisa lebih tenang dan khusuk..dan ramadhan tahun ini memang berbeda dimana tahun lalu masih ada eyang kakung -bapak mertua, ramadhan kali ini juga tidak di habiskan di rumah sakit seperti dua tahun lalu berturut - turut..rindu rasanya..semoga Allah memberikan tempat terbaik di sisiNya dan diterima segala amal ibadahnya..amien ya Rabbal Alamin

Bulan ramadhan tahun ini juga sama seperti tahun lalu ibu sudah membulatkan tekad ga jualan ..dah dari bulan bulan lalu ibu bilang..*berasa laku aja..Alhamdulillah ibu punya beberapa teman yang berlangganan memesan kue kering, even tahun lalu masih bisa jualan satu sampe dua toples padahal awalnya hanya untuk sendiri eh jadinya di jual..jadilah lebaran tahun lalu hanya dengan sisa kue dari jualan dan kue semprong pesenan..hehehe..tukang kue beli kue ga pa apa toh..memberdayakan sesama tukang kue hehehhee

Tahun ini alasan terkuat untuk ga nerima orderan karena ibu masih punya hutang yang sudah hampir menjadi beban, beban moral pada orang tua dan orang terdekat iyahh..tugas akhir yang ga kelar2..karena ga dikerjain hehhehe..jadi harus mau menahan diri dari godaan godaaan baking..wkkkkwkwkw..padahal beberapa toples dah penuh sama nastart, kastangel, lidah kucing dan chocholate cookies..masih antri kepenegn dibikin..sagu keju, nastar keju, cornflakes, kokokran, putri salju, mede coklat..marukk kannnn..gimana yah aneh rasanya kalo ga bikin..berasa hilang nyawa ku *lebayy.. and again..ibu harus tetep focus di skrispi ibu..
doakan yah doakannn..(apalagi penawaran studi lanjutan dan bikin ngacay..tapi semangat ilangg..)

Hari libur kemarin abis bikin kue, nonton bareng upacara pengibaran bendera, karena teringat sama bapak mertua-eyang kakung malya, kita memutuskan ke makam...memang ada baiknya yah sering2 mengunjungi makam karena mengingatkan kita bahwa segala yang hidup akan mati dan apa yang kita kejar didunia juga ga akan bersifat kekal..semua akan kembali padaNya..bersyukur dan bersyukur..

Saat ayah dan ibu membaca doa didepan pusara eyang kakung setelah menaburkan bunga bertiga, malya bergumam dan bermonolog sambil tangan kecilnya mencabuti tanaman liar yang tumbuh di makam eyang..
"eyang, kapan malya ketemu lagi sama eyang??
..kalo malya udah gede, malya kesini..eyang inget sama malya ya, eyang..semoga eyang masuk surga yah.."

tak terduga sekali ucapannnya malya membuat ibu terharuuu..ayah masih khusu berdoa, subhanallah malya kecilku masih ingat akan kenangan dengan eyang kakungnya..doakan eyang yah nak..

ga lama sekitaran makam terdengar anak anak yang suka meminta sedekah bercengkrama ribut2, eh malya teriak "ehh berisik !! ini makam eyang aku!!"

itu mencairkan suasana...hihii..
Karena mulai gerimis, kita sudahi..kita berjalan melewati makam2 lain dan terlihat ada kuburan yang masih basah dan bunga2 nya pun masih segar.. duduk seorang wanita sekitar 40tahunan bersama seorang anak kecil berusia sekitar 10 tahunan..sedang menangis tiada kata kata hanya menangis..saat malya bertanya "ibu itu siapa yang meninggal..?"
"Malya itu ayahnya meninggal, jadi malya harus bersyukur yah ayah ibu malya masih hidup..itu tetehnya sedih ayahnya udah ngga ada.." jawab ibu.."kasihan yah"

Di perjalanan malya bilang " bu kalo malya udah gede malya ke eyang kakungnya-makam- sendirian aja, pake motor aja biar cepet..yah"

sesampainya dirumah..siap2 meracik masakan untuk berbuka mumpung liburr hihihi..biasanya masak buat malya ajah..kebetulan tadi pagi udah minta tolong mbak beliin ikan mas, rencana mau di pindang, dan ada niatan kalo sempat mau ke mamah dan papah padasuka (nenek-kakek),meski ikannya cuka 1,5 kg,ehh ga disangka ayah ngajak sekalian buka  bersama dan sholat tarawih bareng sama nenek kakek..subhanallah ayah ko tau apa yang ibu mau..hihii

Jadilah sore itu kita pergi ke rumah padasuka, bekel ikan mas pindang presto bumbu alung..bukan chinnese food ya tapi yang di alung2 ga pake proses di gerus2 hihi ringkes..tinggal leyeh2 an aja pas ikan masuk presto 1 jam lumayan si ikan empuk sampe tulang2nya..asik sesuai keinginan..jadi ga ribet kalo malya makan sendiri..bekel juga tumis sosin tahu, semangka, udang wortel asam manis nya malya, tambahan beli ayam goreng -khawatir kurang..

Alhamdulillah ya Allah masih bisa berkumpul bercengkrama..kakek nenek enin seneng sekali...mudah2an nenek kakek di beri umur panjang yang berkah dan kesehatan..aminn

panjang pisan geuning cerita libur agustusan yah..ditutup sama foto si ndut ku ajah deh biar seger hihii..(foto lama)

gpp mumpung bisa nulis ahh..

yuk baking! loh!!!

2 comments:

  1. Izan apa kabar? Udah lama ga ketemu? Dede ifa juga baik? Salam yah..sun jauh dari bandung

    ReplyDelete