Tuesday, January 27, 2009

Laporan KBB#9 Classic Puff Pastry (Pate Feuilletee)

 
Finnaly PR bulan ini bisa di kerjakan . .hampir H-4 dari deadline hehehe ini mendingan .. kan biasanya udah Injury time, beruntung ada liburan imlek kmaren jadi masih sempet ada waktu buat mengulur .. Lho! PR diawal tahun 2009 ini yakni Pastry.. ini bukan kali pertama memang bikin pastry sebelumnya pernah bikin, meski ga sering, yang membedakan kalau biasanya bikin dari lemak lipat yang udah jadi aka korsvet atau malah sering juga bikin dough jadi (stella dsb).. nah di KBB bulan ini ditantang untuk bikin sendiri adonan pastry sekaligus lemak nya whuaaahhh.. udah kaya chef di hotel aja heuheueue.. Oke oke mungkin hasil akhir dan proses dari PR ini tidak ,malah jauh dari sempurna tapi.. tidak mengurangi semangat buat bikin ini…meski bisa dibilang gagal!! Sejak awal baca tantangan ni diakui bikin kening berkerut2..aga2 gimana baca resepnya..

Yak gagal..soalnya si butter block nya meleleh keluar keluar, kesalahan yang bisa terdeteksi sepertinya pada pastry doughnya yang tidak bisa mengkover semua adonan si Butter Blocknya.. entah dari komposisi bahan juga..

Butter Blocknya

Yah sud..setelah diselang seling sambil ngurusin Malya yang kalo libur makin lengket aja..ngurusin bapaknya Malya juga heuheue jadi lah kocar kacir sambil fitnes..naik turun tangga, tapi Ayahnya malya ga ngeh kalo dibawah dngan waktu yang pendek sempet bikin dough heuheue..soalnya di tantangan ini ga pake ribut aliyas ga usah nyalain mixer or blender dsb.. Cuma giling2 aduk  udah gitu pat pat gulipat melipat lipat..gayanaa…

Adonan dibuat yang Butter Block nya dulu kemudian si doughnya..minggu siang bikin.. malam melipat lipat..pagi paginya diteruskan melipat tapi.. si adonan bocor dan meleleh gitu.. jadi bolak balik ke kulkas.. buat nge”firm” in adonan.. tapi berhubung ada undangan ultah temennya Malya yang sekaligus pesan bday cake..jadi dicuekin lah dulu si Adonan ini..sampe malam selasa.

 

 Dough nya

Adonan dough berhasil di bentangkan persegí dan si BB si letakan di tengah2 kemudian di tutup oleh  dough itu, bisa ketutup suma hanya bagi pinggir nya sedikit, nah pas di gilas ini kemudian mencar meleleh keluar..tapi sempat di lipat dan di balik satu kali.. kemudian di simpan di kulkas dulu. Untuk kemudian di lipat2 lagi hanya sampai 4 kali putaran saja.. dan ga berani sampe tipis saat ini ketebalan akhir dari adonan pastry ni Kira  Kira 3 cms..ga berani di tipisin lagi karena keliatan ketika dibalik adonan yang sepertinya udah berlapis ketinggalan di plastik/wax papernya..

Nah si Butter Block nya dah nyelip didalem begini penampakannya

Jadi yah sud lah.. itu juga lupa lupa inget kalo ga 4 – 5 turn deh gpp kan bu Mod yah..-

Semalam(malam selasa) sepulang dari rumah pa'de.. nguplek ngebakar nih pastry, adonan di keluarkan dan ga di gilas lagi hanya di potong2 ada yang bentuk panjang, dan sisanya diiris2 kaya kukis aja.. kepikiran bikin kukis monde yang pastry itu..pokonya sejadinya deh..trus ditaburin gula .. dibakar.. aroma nya sih umm buttery banget..

Semalam ga pake oven listrik jadi ga diukur suhunya pake otang di kompor gas set panas tertinggi aja, kurang lebih kayanya 20 menitan deh soalnya ga inget juga cuma bulak balik diintip tuh pastry..berbusa banget efek dari  butternya yah..

 

Umm Cuma sempat dibakar 2 loyang aja karena malya dah mu bobo.. si kue dah ga sabar aja di cicip .. dari loyang anget2 diangkat dan di icip meletek lah lidah ni ga sabar sih .. enak! tapi aga tawar ..gurih ngga..manis juga naggung hehehe tapi Malya suka nih katanya „kue klupuk“ heuheuee...hasil akhirnya ga ngembang yah segitu2nya beda sama kalo pake lemak lipat yg dah jadi..ada layernya sih meski dikit ..

tuh malya lagi menikmati pastry gagal ibunya

 Di kulkas masih ada sisa adonan..dapat ide dari mba Emma isti dibikin pie..ummm boleh juga yah..-update update kemarin kamis (29jan ) siadonan ternyata lebih kokoh dan enakkeun pas di giles. wah ternyata emang harus dilamain di kulkas biar lebih firm ..adonan bisa di buat macem2 cuma ga bisa lama di suhu ruang ..jadinya dibentuk kotak (sok sok bikin danish pastry) trus di bentuk frame di isi selai stroberry ditaburin gula aja..meski tetep ga ngembang tinggi cukup puas deh dibanding dngn hasil yg pertama..dan tandas seketika ..mayan buat temen minum teh..

Foto2 seperti biasa karena di kerjakan malem jadinya butek..yg punya kamera ga ngerti pencahayaan kalo malem dan aga ribet kalo dibuat studio2 mini ..*ngeles

 So sekian laporannya ibu ibu .. bu host terutama.. hehehe..

Alhamdulillah dapet logo ini ..



 

 

 

 

 

 

 

10 comments:

  1. yang penting kan dah berani nyoba. Mkasih ya udah ngerjain tepat waktu :)

    ReplyDelete
  2. eh bu host lagi keliling... hehe buuu sekalian mu tanya nih mu ganti foto bolehhh??

    ReplyDelete
  3. Lumayann kok hasilnya, gak gatot banget. sebenrnya kelihatan mengembang dan berlayer walau nggak terlalu maksimal. Sering-sering bikin aja, insyaallah makin bagus...yang penting dah pede pat patgulipatnya.

    ReplyDelete
  4. haiyahh lumayannn heuheueue...lumayan bgt kalo arsa mah kalo penampilann jaoouuuhhhhh.. pa lagi atdi pagi ayah nyindirin .. sambil makan strudel monde kiriman.sambil bilang "ini kue mirip yg ibu bikin tapi ko ini banyak layernya!" hiks

    ReplyDelete
  5. klo masalah hasil gk maksimal sih tenang.. saya temenin Ni he he..

    ReplyDelete
  6. yipiii, udah jadi dan gak terlihat gagal banget koq. cuma butuh latihan... ;) *kayak sendirinya punya bagus hehehhe* aku punya gak mekar2 banget walaupun berlayer.

    ReplyDelete
  7. hehehee gagal di rasa sih kayanya ngga. tapi penampilan akhir itu mah pasti ..
    emnag rata2 ga mekar yah?
    *ga ngerti

    ReplyDelete
  8. malah uda sempet ngulang gara2 hasil ga maksimal, tapi tetep aja kurang maksimal,

    hehehehe

    ReplyDelete