Wednesday, January 7, 2009

Berenti aja yah Mbak..?!

Kemarin baru aja bercerita tentang asisten yang dateng kemarin malam, dan tadi malam duhh dapet berita yang aga gimana gitu..yang bikin bingung pastinya..

Ssepulang kantor pas Adzan magrib saya yang biasanya langsung naik dan hampir jarang turun lagi ke bawah..aga lama di meja makan sambil berbuka puasa makan ta'jil..(Alhamdulillah tamat juga puasa muharam ku.)


Nah nah sambil cemal cemil..sama malya, ayah dan yang ti dimeja ..bilang kalo si Yani ni..ternyata bercerita banyak sama Eyang Uti (ibu mertuaku)..dia tuh saat ini lagi hamil 2 bulan..waks kita yang denger kaget banget ..lo lo lo gimandang ceritanya..

Katanya dia mah ga bisa berbohong, semalem waktu saya tanya tentang dia punya suami atau ngga Pak Dadang -yang bawa dia- langsung nyamber aja jelasin kalo dia teh lagi proses pengajuan cerai tapi ga punya anak.., nah dia aga ga enak pas mau bilang kalo dia teh lagi hamil..dia ngakunya ke Eyang Uti kalo dia ga bisa boong ..loh aku pikir kenapa ga dari awal bilang juga ..

Satu sisi dia cerita -ini masih katanya aku belum tanya dan dnegar langsung-  katanya suaminya sudah ga pulang dan ga ngasih nafkah sama dia sebulan lebih..dan dia lngs ngajuin cerai, udah di panggil naif si suaminya tapi ga pernah dateng itu yang bikin kesal katanya..-masih aga2 bingunin secara dia hamilnya masih muda, berarti masih ketemu yah..oh mungkin dah ga cocok kali-, dia sudah ga punya bapak, ibunya sakit2 an dan punya adik 7.. katanya lagi dia dinikahin sama Alm. bapknya sewaktu duduk di sekolah SD kelas 4 duhh duhh..dan dia punya anak dari pernikahan pertamanya..intinya dia dalma keadaan sulit..

taid pagi saya menyempatkan bicara dan tanya sama dia langsung..mengkonfirmasi kebenaran mengenai dia hamil dan statusnya..yah dia akui smuanya..terus waktu aku bilang nah kalo hamil gitu gimana? ko ga bilang juga dari awal.. kan kalo kagi hamil nih jangan kerja yang berat berat..udah gitu saya juga kagok nyuruh2 nya, khawatir sama keadaan janin dan dia ..dia bilang "bismillah aja mudah mudah an selamet" waduhhh!!

Satu sisi ada rasa ingin menolong dida dari kesulitan tapis atu sisi saya kan butuh asisten yang bisa bekerja baik mengerjakan pekerjaan rumah plus yang sehat buat jagain malya..namanya lagi hamil muda pula..pasti mood2 an, makan ga kan bener..cepet lemes, nah kalo mabok gemana tuh..meski ga smua. udah gitu kalo tambah gede tuh perutnya..makin ga boleh macem2..dan gerakpun terbatas..

Mertua bilang sih ga apa apa sekemampuan dia aja kerjanya, dan kalo ga mampu dia bakal bilang..katanya... Nah kalo urusan Malya kumaha..malya nih 15 kg lumayan bikin pinggang rasanya patah..meski malya udah ga mau di gendong2 ..tapi untuk beberapa hal dia kadang masih minta gendong..lumayan kann...

Suami bilang yah nantinya dia ga kan lama dong bentar lagi ngegedein terus mudik..terus nyari lagii....

kalo dia keukeuh mau kerja juga ini yang bikin saya bingung, kalo setelah melahirkan saya pasti yang pertama mengatakan TIDAK karena kalo dia tinggalin bayinya berarti saya sama saja menghalangin anak mendapatkan haknya ..ASI, Ngga deh!

Rencananya nanti malam mau saya ajak bicara lagi..saya berhentikan segera aja gitu??

18 comments:

  1. hmm...
    kasian jg yaa
    klo lgs diberhentikan jg kasian
    liat kemampuan dia aja
    asal ga krj berat siy gpp kali yaa
    klo udah gedean dr diberhentikan
    sekalian dia punya modal buat lahiran
    begitu mungkin :)

    ReplyDelete
  2. mmmhs....susah jawabnya.
    di satu sisi emang kesian ya, orang lagi butuh trus kita pecat.
    tapi di sisi lain, kita kan punya asisten tuh tujuannya kan biar kita gak repot ya...kalo dia hamil gini, takutnya malah kita yang repot nantinya

    ReplyDelete
  3. wah dilema juga ya...susah klo gini,

    ReplyDelete
  4. berentiin aja, dan kasih dia sedekah. sedekahnya yg gedean .

    ReplyDelete
  5. iyah saya juga ada kepikiran itu.. mungkin itu juga pilihan sulit buat dia..dia sepertinya stres waktu di kampungnya..dan katanya udah ga makan..karena ialng nafsu makan..

    pas di rumah mah dia makan aja biasa..

    suamiku bilang mungkin 2-3 bulan aja lah sambil nolong juga..asal dia bener mau kerja..maksudnya ga aneh2 lahh..nurut

    thanks mbak pencerahannya

    ReplyDelete
  6. kan samaa apalagi saya bingungg.. ada rasa ga tega kasian..tapi masalah awal saya ga terpecahkan dong yah..

    ReplyDelete
  7. Nie akyu pernah dua kali tah punya pembantu yang hamil teh. Yang pertama ngak ngaku dari awal tau2 enam bln aza trus yang kedua emang dr janda, nikah deui sampe hamil ngikut kami. Menyikapina emang bikin pusing, tapi karena di rumah mah nu kerja teh kumaha dia aza asal list Kaka Daffa okeh smua jadi nya sakadugana mereka gt, abis mereka oge ngak mau berenti deui da butuh tea komo nu pertama mah suamina ngak kerja. Jadi nya kitu ni standar pekerjaan jadi diturunkan untung nu dirumah kita bertiga jadi teu pati repot, nu repot mah mun lagi aya si nenek, pusing deh rea komplen. Nah mereka tuh berentina pas delapan bulan gt, teu tega pisan deh cuma da kumaha. Sebetulna mereka teh pgn kerja deui di rumah setelah ngelahirkan tapi aku tolak mening cari nu baru we, alhamdullilah dapet. Mudah2an bermanfaat :D

    ReplyDelete
  8. aku pernah lho.. setelah sehari kerja baru ngaku kalau hamil jalan 3 bulan.
    tapi terus dia tetep kerja sampe hamil 7 bulan
    baik2 aja tuh... skrg sih udah lahiran, dan kembali lagi kerja :) jadi ya sebetulnya tergantung orangnya sih..

    ReplyDelete
  9. baru aja ikut seneng Malya dapet mba baru tapi ko ya jadi bgini skarang ceritanya... :(

    sabar ya jeeng.. semoga ntar dapet mba lagi smoga aja yg masih virgin dan sehat biar bisa gendong si neng bohay :)

    ReplyDelete
  10. sigana mun kita tinggal na cuma berdua mah..mungkin aja yah tapi ketang mengiingat malya berat na kacida dan kamar kita di atas pula plus kamar asisten diatas jadi ga mungkin dia turun naik tangga..kamari terakhir dia ngeluh nyeri perut bag bawah.. di periksakeun. katanya ada tanda2 keguguran..yah sut disuruh pulang tapi ga ke kampungna da jauh mela melu.. kerabat paling dekat yang amsih kejangkau..

    anyway nuhun sharingna

    ReplyDelete
  11. hmm.. aku ga berani mba terlalu beresiko..

    ReplyDelete
  12. iyah jeng ratih.. ..huhuhu. ada ada aja..

    badan remuk redam begini, pilek batuk, demam pula, cucian baju kita segunung, wes udah ga sempet mikirin malya makan sama apa..:( kesian doi

    ReplyDelete
  13. mbak ... mbak...! HALLO??

    saran saya bagaimana?
    banyak kan yg nyaranin begini.

    Nah? tunggu apa?

    Yakinlah Anda, dengan sedekah kpd si pembantu yg banyak dan hati ikhlas, insyaAllah banyak balasan kebaikan. Soal cari pembantu lg bukan masalah bagi Allah SWT. Lihatlah orang yg bersedekah itu jarang sakit.

    Ini pengalaman pribadi.

    So, the case is closed kan???

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah mba ini akhirnya jalan yang saya tempuh..

    jazakallah..

    ReplyDelete