Sunday, August 5, 2007

Indonesia raya....3 stanza

Pagi ini dateng pagiii sekali dari rumah karena ikut swami berhubungan ga ada orang yg ambil jadi kita mesti nganterin mobil ke Holiday Inn..diperjalanan..dengerin elshinta..(bukan radio dangdut loh yg ini mah) ...ada perbincangan tentang ditemukannya kembali lagu Indonesia Raya Versi tiga Stanza, perbincangan antara penyiar  bapak Menteri (siapa yah lupa pak Damanik kalo ga   salah) , trus Pakat telematika Indonesia Roy Suryo.. dalam perbincangan Bung Roy Mengklaim Bahwa beliau dan team nya lah (air putih) yang menemukan Lagu Indonesia dalam versi tersebut dan bung roy lah yang mengontak dan mengembalikan ke Arsip nasional/Negara setelah sebelumnya melakukan riset panjang untuk mengetahui kapan lagu tersebut dibuat..iseng iseng ko makin penasaran..yah.. dan akhirnya diperdengarkan lah lagu tersebut..srrrhhhh merinding..sodara sodara bukannya sok nasionalis but its true...rasanya saat mendengarkan lagu tersebut terasa sekali semangat juang dan bermakna sekali ..berbeda dengan kita kita kini (saya terutama) yang menyanyikan lagu sebatas ritual dan rutinnitas biasa saat menaikan bendera dan upacara sekolah..padahal para pejuang dahulu lebih sulit yah saat dahulu berjuang mati matian..merebut kemerdekaan kita yang tinggal menikmati dan mengisi kemerdekaan ini dengan tidak memaknai kemerdekaan ini..huhuu napa yah jdi sok melow gini..ok back to topik
ternyata dibalik ditemukannya lagu Indonesia Raya tiga stanza ini ..ada kontroversi yang lumayan menarik untuk disimak ..dibawah copyan beberapa link tentang topik tersebut... lagu ini berisi tiga Stanza
dimana Stansa pertama berisikan tentang persatuan dan kesatuan bangsa yang akhirnya kita nyanyikan dan menjadi lagu Kebangsaan Indonesia , nah Stansa yang kedua berisikan tentang hubungan atau relasi antara kehidupan (manusia) dan sang Pencipta, dan stansa ketiga berisikan tentang penghormatan rakyat terhadap bangsa dan negara, lagu kebangsaan yang selama hampir enam puluhan tahun lebih dikumandangkan oleh kita hanyalah sepertiga dari lagu gubahan W.R Supratman yang asli tersebut yah stansa yang pertama. ================================================================
Lirik Asli Lagu Indonesia Raya 3 Stanza Ciptaan WR Supratman :
Stanza 1:

Indonesia Tanah Airkoe Tanah Toempah Darahkoe
Disanalah Akoe Berdiri ’Djadi Pandoe Iboekoe
Indonesia Kebangsaankoe Bangsa Dan Tanah Airkoe
Marilah Kita Berseroe Indonesia Bersatoe

Hidoeplah Tanahkoe Hidoeplah Negrikoe
Bangsakoe Ra’jatkoe Sem’wanja
Bangoenlah Djiwanja Bangoenlah Badannja
Oentoek Indonesia Raja

(Reff: Diulang 2 kali, red)
Indonesia Raja Merdeka Merdeka Tanahkoe Negrikoe Jang Koetjinta
Indonesia Raja Merdeka Merdeka Hidoeplah Indonesia Raja

Stanza 2:

Indonesia Tanah Jang Moelia Tanah Kita Jang Kaja
Disanalah Akoe Berdiri Oentoek Slama-Lamanja
Indonesia Tanah Poesaka P’saka Kita Semoenja
Marilah Kita Mendo’a Indonesia Bahagia

Soeboerlah Tanahnja Soeboerlah Djiwanja
Bangsanja Ra’jatnja Sem’wanja
Sadarlah Hatinja Sadarlah Boedinja
Oentoek Indonesia Raja

(Reff: Diulang 2 kali, red)
Indonesia Raja Merdeka Merdeka Tanahkoe Negrikoe Jang Koetjinta
Indonesia Raja Merdeka Merdeka Hidoeplah Indonesia Raja

Stanza 3:

Indonesia Tanah Jang Seotji Tanah Kita Jang Sakti
Disanalah Akoe Berdiri ’Njaga Iboe Sedjati
Indonesia Tanah Berseri Tanah Jang Akoe Sajangi
Marilah Kita Berdjandji Indonesia Abadi

S’lamatlah Ra’jatnja S’lamatlah Poetranja
Poelaoenja Laoetnja Sem’wanja
Madjoelah Negrinja Madjoelah Pandoenja
Oentoek Indonesia Raja

(Reff: Diulang 2 kali, red)
Indonesia Raja Merdeka Merdeka Tanahkoe Negrikoe Jang Koetjinta
Indonesia Raja Merdeka Merdeka Hidoeplah Indonesia Raja.
==============================================================================
dari KORAN TEMPO :

Rekaman lagu Indonesia Raya tahun 1932 Masih Dicari
Sabtu, 04 Agustus 2007 | 13:55 WIB

TEMPO Interaktif, Yogyakarta:Setelah berhasil menemukan rekaman klip film lagu Indonesia Raya versi asli tiga stanza di server Belanda, pakar telematika, Roy Suryo dan tim Air Putih mengaku masih mencari rekaman lagu Indonesia Raya yang diproduksi tahun 1932.

Roy menyatakan menurut keluarga WR Soepratman dan beberapa ahli sejarah, lagu Indonesia Raya pernah direkam pada 1932 dengan piringan hitam. Isinya juga masih utuh tiga stanza. "Di kantor Arsip Nasional, rekaman itu juga tidak ada sehingga ini menjadi tantang kami untuk melacaknya," katanya saat menunjukkan film lagu Indonesia Raya yang diproduksi September 1944.

Dijelaskan, lagu Indonesia Raya yang direkam pada 1932 dengan piringan hitam hanya berupa rekaman suara. Menurut Oerip Soedarman, keponakan WR Soepratman, kata Roy, rekaman lagu tersebut juga utuh sesuai aslinya sepanjang tiga stanza atau tiga bagian.


Jika rekaman itu ditemukan, kata Roy, maka akan semakin melengkapi arsip lagu Indonesia Raya yang asli. Pasalnya, lanjut Roy, dokumen yang baru saja ditemukan berupa klip video yang diproduksi tahun 1944 atau 11 bulan sebelum proklamasi 17 Agustus 1945.


Seperti diberitakan, Roy Suryo dan tim Air Putih berhasil menemukan rekaman klip video Indonesia Raya versi asli tiga stanza. Dalam dokumen yang belum dimiliki Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) itu, lagu Indonesia masih utuh sepanjang tiga bagian. Sementara lagu Indonesia Raya yang ada sekarang ini, kata Roy, hanya sepertiganya ataunhanya satu stanza.

Syaiful Amin

Youtube Lebih Dulu Tayangkan "Indonesia Raya" versi Tiga Stanza

Minggu, 05 Agustus 2007 | 10:12 WIB

TEMPO Interaktif, Solo:Bagi kalangan pengguna internet yang suka berselancar di dunia maya, klip lagu kebangsaan Indonesia Raya versi asli ciptaan Wage Rudolf (WR) Supratman sudah diketahui sejak akhir Desember 2006. Di situs layanan gratis youtube.com, siapapun bisa mendengarkan dan melihat video berdurasi sekitar 4 menit tersebut.

Sebelumnya, pakar telematika Roy Suryo mengklaim menemukan rekaman video klip tersebut setelah melakukan riset selama tiga bulan terakhir. Ia mengaku mendapatkan lagu versi asli yang terdiri dari tiga stanza dari sebuah server di Belanda.

Seorang netters yang menggunakan nama arto4805, memasukkan rekaman Indonesia Raya versi panjang itu pada 19 Desember 2006 atau lebih awal berbulan-bulan daripada riset yang diakui dilakukan Roy Suryo. Arto4805 tidak menjelaskan perihal sumber rekaman lagu yang belakangan ini mencuat.

Dia hanya menuliskan lagu kebangsaan Indonesia Raya tersebut dari film pada 1945. Di situs tersebut juga terdapat salinan syair Indonesia yang panjang, namun dalam ejaan sekarang. Berbagai komentar pun sudah bermunculan sejak 7 bulan lalu. Namun sayangnya, si pengirim video ini tidak bersedia menyebutkan darimana dia mendapatkan rekaman ini ketika seorang pengunjung mempertanyakan. "The video was made in 1945, but in which period I don't know," tulis arto4805. Imron Rosyid

Apapun dan bagaimana pun polemik yang terjadi ..Merdeka merdeka..Hiduplah Indonesia Raya!!!

5 comments:

  1. eh, di buku lagu wajib jaman SD juga teks Indonesia raya udah ada 3 stanza lhooo..

    Hiduplah Indonesia Rayaaa
    *jd inget upacara nih..:)

    ReplyDelete
  2. aku malah ga inget hehehee...tapi emang baru dneger pagi ini versi live nya mba uci

    ReplyDelete
  3. hooh, aku juga pernah baca di buku teks emang ada 3 stanza :)

    ReplyDelete
  4. saya mah emang ga inget ttg berapa stanza lagu indonesia raya ini....tapi klo ttg polemik di indonesia mah jangan heran itu mah emang selalu ada..dan bahkan terkesan diada2kan :D ...biasanya sih untuk mengalihkan suatu persoalan yang ada maka dibuat persoalan lain

    ReplyDelete
  5. tapi yang penting mah....."hidup indonesia"....

    ReplyDelete