Tuesday, February 10, 2009

Papah sakit hiks...

Hal hal seperti ini lah yang selalu aku mohonkan untuk tidak terjadi..
dalam setiap doa dan harap ku padaNya..tak pernah lepas permohonan untuk diberikan kesehatan dan panjang umur yang barakah untuk kedua orang tua saya...meski kadang raga tak berjumpa..tapi Insya Allah hati, pikiran dan doa selalu dimohonkan untuk kedua orang tua ku..tapi bagaimanapun juga kita tak bisa memungkiri takdir yang digariskan olehNya..selayaknya manusia yang selalu di coba dan diuji untuk bisa meningkatkan kesabaran dan rasa syukur...

Hari Selasa siang saya mendapatkan kabar dari kaka ipar kalau Bapak saya(papah)..sakit..sebenarnya beliau sering sakit tapi sakitnya biasanya hanya Pilek, Batuk dan demam..selain itu hampir tidak pernah ada keluhan..ipar hanya bilang tidak ada gejala-gejala seperti biasanya hanya keluhan sakit pinggang dan menolak makan sama sekali, sudah hampir akan di periksakan ke dokter tapi saat menuju ke ruang dokter .. menolak dan akhirnya pulang..

papah dengan cucu cucu

Segera saya menelpon kerumah.. namun tidak ada jawaban baik kerumah dan melalui selular papah, berusaha tetap tenang..tak lama.. Kakak kandungku yang kedua datang  ke kantor..menyampaikan jika papah sakit dan baru saja di jenguk olehnya..kakak tidak menyampaikan apapun ..hanya menyarankan saya untuk segera berkunjung dan nanti malam di rencanakan akan ada rapat keluarga..diharappkan saya tenang..huaa..mulai lah panikkiii...

Coba lagi telp ke rumah masih ga ada yang menjawab..saya coba telepon ke kakak ketiga saya yang kebetulan tinggalnya serumah (suami dari ipar yang mengabarkan saya), beliau membenarkan papah sakit dan menyampaikan hal yang sama sperti yang istrinya bilang..yah sudah.. keluhan merasa kesakitan pada pinggang, kakak ketiga masih sednag berusaha membujuk dan menyarankan mengajak papah untuk memeriksakan kondisinya..saya sebagai (anak perempuan) suruh ngebujuk supaya papah mau..(tanpa disuruh pun saya pasti memang akan lakukan itu..)

Namun sore itu saya tidak segera menengok papah setelah dapat kabar dari kakak ke tiga ku, saya teruskan pekerjaan dan kuliah disore harinya..kebetulan hanya satu mata kuliah jadi masih sempat ke rumah orang tua saya..

Sampai rumah magrib..dengan membaca Bismillah berharap semua baik baik saja..papah tertidur dibekas kamar saya dulu.. terlihat lemas ..wajar karena papah menolak makan.. ditemani kakak saya yang sedang mengusap2 beliau..saya tanya apa yang sakit dan mengajak ke dokter malam itu.. pada saat suami masuk kamar beliau malah bangun dan duduk..ditanya sakit ..papah malah bilang "ngga ko ..ngga sakit!" aduh papah papah...setelah dibujuk sama suami juga.. akhirnya malam itu kita ke dr. RM di cicaheum..antrian banyak kebetulan perawatnya Mbah Mai (mbahnya nya Suami-masih kerabat dgn bapak nya suami- yang memudahkan segala sesuatunya waktu bapa mertua dioperasi)..jadi kita ga terlalu lama menunggu, setelah melalui proses USG, dan periksa tekanan darah hasilnya 170/100 wow untuk seusia papah 63 tahun ini termasuk yang tinggi disarankan rotgent...dada dan pinggang ..

Hasil rotgent .. ada pengelembungan jantung dikarenakan tekanan darahnya yang tinggi..dan untuk pinggangnya..dr bilang sih itu osteoporosis..karena (kalau tidak salah) ada tulang LI-2-3 bentuk tulang bone fish dan L4 dan L5 ada efek desak ringan marginal bawah bagian belakang..--- blast tanpa penjelasan apapun hanya dokter sibuk mencatat resep setelah sebelumnya menyampaikan Things dont do (tidak boleh kerja berat dan capek, tidak boleh angkat junjung, tidur di kasur kapunk tanpa bantal..)

Terus terang saya minim sekali ilmu tentang hal ini.. tentang tekanan darah tinggi dan juga Osteoporosis plus penanganannya..bnayak informasi yang saya dengar(entah benar atao tidak) kalu sudah terlanjur osteo..dan tidak ditangani bisa menjadi parah..
dan jika tekanan darah tinggi tanpa gejala pusing juga harus diwaspadai.. jadi mulai lah googling mencari informasi sebanyak2nya..atau teman teman disini ada yang bisa kasih masukan atau sharing ..

oh yah semalam di resepkan juga obat ;
Norvask (Almodipine Besylate)
Seloken 50 (Astra Zeneca)
Bion 3 Merck
Profenid Sipp


Bagaimana pun Alhamdulillah papah mau di ajak untuk di periksa ke dokter itu merupakan proggres yang luar biasa.., sambil kami smua tetap ikhtiar yang terbaik.dan berdoa semoga Allah memberi kesembuhan pada beliau..amin ya rabbal alamin

please please di ikutin saran dokter ya Pah, berhenti rokok dan kopi..yahhh..
Lekas sembuh yah...!


Adakah dokter disini yang bisa membantu menganalisis/mendiagnosa dari info yang minim ini?hatur nuhun..(dokter pokian cantik, dr Anto ganteng??!!)


14 comments:

  1. Semoga Ayahanda cepat sembuh ya...Amiennn

    ReplyDelete
  2. yang sabar ya teh.....smoga papah cepet sembuh....amienn..

    ReplyDelete
  3. Amin ya rabbal alamin
    terima kasih mbak intan....atas doanya.

    ReplyDelete
  4. sabar ya Ani, mudah2an papah segera diberi kesembuhan dan bisa kumpul lagi ma anak cucu :) *hug)

    ReplyDelete
  5. Semoga Papah nya Annie cepat sembuh...aminnnnnn.
    Terus berikhtiar ya Bu !!!!

    ReplyDelete
  6. nuhun da, sok sedih mun ortu sakit teh keur mah dah teu serumah..penghibur satu satunya teh Malya we..

    ReplyDelete
  7. hatur nuhun teh ira,
    aminnnnnnnnnnnnnnnn..

    ReplyDelete
  8. semoga cepeet sembuh...
    kok malya paling gendut yaah..? :D

    ReplyDelete
  9. iyah awalnya pas baby 3 orok (minus satu lg) itu pd endut..malya yg bertahan ga nyusut

    ReplyDelete
  10. oh makasih doanya say...
    btw kakek dah ga boleh gendong malya lagi

    ReplyDelete
  11. makasih mba.. itu yg kami harapkan..

    ReplyDelete