Thursday, December 6, 2007

Catatan proyek minggu lalu

Sabtu kmaren ngadain walimatuh safar..Insya Allah mamer (mama mertua) akan pergi ke tanah suci tanggal 12 des mendatang, nah acaranya pengajian ibu2 komplek sekitar plus beberapa udangan dan sodara2 deket lah..acaranya pengajian trus diakhiri makan siang, plus snack box yang akan di bagiin buat yang ngaji dan tamu/sodara yg datang, untuk makan siang pengajian dimuali jam 9 berakhir jam 11 30 pas banget buat langsung lunch yg disediain prasmanan, untuk urusan ransum kita masak sendiri mamah dan asistennya udah gape (secara gitu dulu berkeliling catering dan ngelola kantin beberapa tahun cieee) intinya yah hampir ga ada masalah hanya kurang personil aja hehehehe..soalna kabereggg pisan ..menunya sih simple Soto bandung, Gepuk, Perkedel Kentang, perkedel Jagung, tempe bacem Plus Tumpeng lengkap satu ga ketinggalan sebagai urang sunda aseli Lalaban dan sambel saayakan  plus asesoris lainnya s.a. kerupuk, emping dan sabangsanya...
Gambar Menu lunch

nahh saya...kebagian urusan snack box dan coktail / es buah segar..awal rencana isinya box itu : Risoles, Lemper, fruit pie, cake coklat dan puding cup....untuk risol pesen dan lemper ga mungkin dikerjain smua jadi nya pesen sama ibuku aja, nah the rest bagian kuh...... Untuk pie ini kebetulan blum pernah bikin.. alesan di pilih pie karen pas diliat bahannya murah (pelit dot com) trus ga jilemet bikinya.. trussss bisa di cicil si kulitnya ga usah ngedadak..setelah tanya sana sini dgn resep andalan di tgn..hari selasanya test drive iseng bikiin setengah resep.. untuk kulitnya .. itu yah entah kenapa sih kulitnya itu gosong aga coklat tua gitu trus gampang bgt hancur..cracking.. hiks Smiley ..yah sudah mungkin..itu krn ada faktor keburu buru..besoknya tanya review ke si empunya resep ..kasih saran gmana kalo bikin soes aja..wahh good idea..bener juga yah.. kalo udah mepet gitu kalo gagal kan gawat udah waktu abis..ga jadi pula.. yah sud..berbekal pengalaman dulu bikin soes PD dunk Smiley .. hari jumat si ayah jemput nya telat duhh yah udah decided ketemuan aja di Superindo biar sekalian belanja bahan dan buah sayurnya malya, eh ujan makin gede blum transit makan dulu.. teng jam 8 baru sampe rumah dunk..dan belum apa2..while di rumah dapur udah kaya kapal pecah..bnyk baskom, wajan, panci yg super duper guedeeeee...(kaya pecahan kapal kan..)

Dateng2 setelah bersih2 dan sholat aku mik ini malya sampe bobo dan ikutan bobo, ketiduran jam 11 baru bng dan start..bikin kulit soes.. setelah step by stepnya di ikutin trus adonan jadi..ehh ko encer yahh.. inget2 tipsnya coba masukin ke frezer bentar..yah sud..sambil di freeze ngadonin cake coklat..Adonan jadi, spluit soes ke loyang..di bakar sama2..
si cake dunk mengembang sempurna sampe batas loyang..si soesss? ampyunn minahh.. itu malah melebar ke samping dengan penampakan yg sama sekali ga indah..anehh dehhh Smiley ..ga napsu bgt deh liat adonan gitu..yah udah lanjut bikin adonan cake coklat lagi yg kedua...dan si adonan soes itu aku cuekin....beres jam 3 pagi, ngantuk ga ngantuk hrs tidur demi asi.
aku tidur bangun jam 6 kesiangan..sholat trus siap2 bikin adonan puding krn si cup blum ada yaa jadinya bantu2 aja yg masak..
sekali lagi si soes masih ngambek krn iseng pagi2(sambil nunggu ayah beli Cup puding)  aku bakar 2 loyang..ihh masih juga melebar ke samping..mleber mleber gitu.. dannn.. jadi sasaran empuk buat hubby mencacci dan mengejek hiks..aneh deh selalu gitu dalam perbakingan..smuanya kdang suka unpredictable hasilnya..BT siadonan daku cuekin..

yah sudah misi dilanjutkan bikin puding susu lapis strawberry 75 cup.. jadi pas jam 9 teng..smua mateng juga masakannya..tinggal hias tumpeng aja...Soes Bye bye aja deh Pas acara selesai sore2 bikin vla napoleon 1/3 resep masukin ke si soes yg udah di bakar  plus beberapa kulit pie yg rapuh kasih buah segar kiwi,strawbery dan buah potong diatasnya..beneran ga kliatan jadinya..dibuat cemilan sore dan beberapa sikasihin ke yang bantuin masak..hubby dan beberapa sodara ikut makan juga tuh si soes..rasanya nya sih ga ngeboongin enyaaakk (palagi tambah vla napoleon yg aku tambahin coffenor dikit) ..cuma itu loh penampakannya..

Badan dan kaki pegel bgt..alhamdulillah malya sih anteng2 aja..ditinggal ibunya papuket ngurusin perdapuran, cuma itu ga kontrol nih dapet bocoran malya sempet ada yg ngasih es bul bul aernya whats kaget dunk..secara itu bul/coktail aku kasih air soda..dan syrup jeruk botolah..duhh.. smoga ga nakal yah di perut kamu nak.. udah gitu ada juga yg ngasih rangginang..walahhh..walah..

hari minggu nya bisa aga tenang beres2 tapi masih gregetan pgn baking..yah suda..ada pilo pastry dibikin kulit pie(keukeuh) trus bikin pizza asal...dan cake ketan item..udah gitu pas beres2 kulkas diliat masih ada sisa stawberry .. yg kalo dibesokin lagi pasti busuk yah sud dibikin puding stawberry aja di kasih coklat..
ga kerasa udah sore....minggu full baking dan ngumpelk didapur ...si cake ketan item yg wangi bgt langsung ambpals tidak tersisa, pie anehh dan pizza liat hihihi... plus puding stawberry coklat yang dibawa ke kantor besoknya....oh yah si adonan soes kan masih ada tuh teronggok begitu sajah karn ga ada yg berani beresin ..kalo jaman dulu dirumah mamah yg suka mengolah adonan2 yg terabaikan oleh kuh hihihii .. msih ada belas kasihan daku padanya (siadonan) kira2 4 buah lagi  aku bakar  pake kompor gas.. dan itu soes mengembang indahnya bak kue soes aselinya ..mo ggrrrr bgt ternyata setelah di review..aku tau tauuu..kalo bikin soes itu harus pake api besar dan panas yg konsisten  plus satu lagi jgn pernah ngebuka2 ..cukup intip aja ...pelajaran baruuu....

sekian reportase minggu ini..tetep masih pensaran bikin soes lagi..nantikan ...xixixixi...

4 comments:

  1. waa apoedingnya menggiurkannnnnn. sampe ketemu besok ya say

    ReplyDelete
  2. Lain kali kalo lagi baking2 lempar ka luhur nya :D

    ReplyDelete
  3. enye nye hilap hilapp..hihihiii ..engke mah abde tapi mun PD hihii..dikau pan lebih ahli

    ReplyDelete