Friday, June 22, 2007

ASIP yang akhirnya harus dibuang..hiks

Sabtu pagi cek stok ASIp plus skalian mau naker2 asi soalnya libur panjang asip2 yg udah mau lewat dua hari langsung naik ke freezer..pas diliat kok ada beling --pecahan kaca..di perhatiin lagi halahhhh itu stok asip yang disimpen pake botol kaca bekas UC1000 retak retak..sebagian udah pecah dan pecahannya udah ada yg berjatuhan dibawah trus ASIPnya ada yg ngendap dirak bawah ada juga yg masih utuh ngegumpal di botol ..botol2 lain yg utuh ternyata juga retak2 ..smuanya ada 4 botol @ kurang lebih 130an kali yah soalnya penuh sebotol ...duhh mo diapain lagi..yah sud sibuang dong..dgn terpaksa..soalnya udah nyampur ama pecahan nya dan udah terkontaminasi jadinya yah dibuang sedihhh tiada terkiraa... huhhuhuhu...(hiperbola ga sih ) tapi beneran ko sedihh pisan apalagi inget perjuangan dibalik Merah ASIp blum melewati masa2 seret huhuhuu.ada ada ajaaa...tapi tidak sedikit pun menyurutkan niat untuk bisa kasih ASI sama malya..jadi tetap berjuang...Semangat!!!

*ternyata botol kaca UC1000 ga kuat panas dand ingin kali yah, buktinya itu memuai disuhu frezer..kembali kesemula deh beli plastik Gerber..

-yang bukan sales UC1000 dan juga bukan sales Gerber--

14 comments:

  1. mbak Siti aku pake botol kaca nih nyimpennya ASI_P tapi blum pernah pecah nehhh..
    coba deh n ASI_P yg diisikan ke botol kaca jgn kepenuhan dehh..

    klo plastik gerbeg mah di SMg susa nyarinya..

    ReplyDelete
  2. mba di simpen di Frezer? mungkin kepenuhan kali yah??
    plastik gerber itu emang cuma ada di Lavie baby house (klo dibandung) harganya mayan sih 62.500 per 25 pcs nah katanya kalo di jkt bisa dpt 50 rb tapi yahs udah lah...

    ReplyDelete
  3. waduh, pengen dibagi donk mbak tips buat nyimpen asinya

    ReplyDelete
  4. mbak Siti iya tuh aku nyimpennya ASI di freezer jug apake botol kaca.. di rak bawah jug apake botol kaca..
    ngisi ASI-P-nya kira2 2/3 botol aja..soalnya kan klo ASI_Pnya beku kan mengembang tuh..klo kepenuhan ya pecah dehhh botolnya...

    ReplyDelete
  5. tips yg bagaimana nih mbak?
    aku ada nih dapet dari milis _sehat_

    Panduan Menyimpan ASI
    ASI yang diperah atau dipompa haruslah disimpan secara benar untuk memaksimalkan kandungan nutrisi dan kualitas yang terkandung di dalamnya. ASI sebenarnya memiliki kandungan anti-bakteri untuk mempertahankan kesegarannya. ASI yang baru diperah atau dipompa pasti akan lebih segar dan memiliki kualitas yang baik/
    Informasi dibawah ini dihasilkan dari riset terkini dan berlaku bagi para ibu yang:
    ß Memiliki anak yang sehat dan lahir tidak premature (full-term babies)
    ß Menyimpan ASI untuk keperluan di dalam rumah (bukan untuk keperluan di RS)
    ß Mencuci tangannya sebelum memerah atau memompa
    ß Menggunakan wadah atau tempat penyimpanan ASI yang telah dibersihkan dengan air panas, sabun dan telah disiram dengan air bersih.
    ß Semua ASI yang disimpan harus diberi tanggal sesuai hari di saat ASI itu diperah atau dipompa.
    Panduan Menyimpan ASI
    Menyimpan sekitar 60 – 120 ml per botol sangat disarankan untuk mengurangi sisa ASI. ASI yang disimpan di kulkas lebih besar kandungan anti-infeksinya disbanding ASI yang beku dari freezer. Masukkan ASI kedalam kulkas biasa dulu untuk merendahkan suhunya baru pindahkan ke dalam freezer.
    ASI bisa disimpan:
    ß Dalam suhu ruangan (19-22°C) sampai 10 jam lamanya
    ß Di dalam kulkas (0-4°C) sampai 8 hari (usahakan di bagian paling belakang dari kulkas) sampai 8 hari lamanya
    ß Di dalam freezer (dengan suhu bervariasi tergantung berapa sering pintu freezer dibuka dan ditutup) sampai 2 minggu
    ß Di dalam freezer dengan bagian khusus yang memiliki tutup terpisah dari pintu freezer (dengan suhu bervariasi tergantung berapa sering pintu freezer dibuka dan ditutup) sampai 3-4 bulan.
    ß Di dalam freezer yang sangat dingin (-17 sampai -8°C) sampai 6 bulan lamanya
    Tempat untuk menyimpan ASI
    ASI yang disimpan di kulkas atau ASI beku dapat ditempatkan pada:
    ß Plastik dengan permukaan keras (seperti botol bayi) atau wadah yang terbuat dari gelas dengan tutup yang rapat.
    ß Kantong ASI yang didesain khusus untuk penyimpanan dalam freezer.
    Catatan: botol susu sekali pakai tidak direkomendasikan untuk dipakai.
    Bagiamana cara menghangatkan ASI?
    ß Rendam atau aliri botol dengan air panas.
    ß ASI jangan dipanaskan sampai mendidih
    ß Perlahan kocok-kocok ASI sebelum mengukur suhunya. Mengocok secara perlahan juga akan membantu mencampur bagian yang mengental dengan yang cair.
    ß Dilarang menggunakan microwave dalam menghangatkan ASI.
    ASI beku yang telah dicairkan
    Jika ASI beku telah dicairkan, masih bisa disimpan dalam kulkas biasa sampai 24 jam ke depan. Tetapi ASI tidak boleh dibekukan lagi. Tidak diketahui dengan pasti apakah ASI yang tersisa di botol aman dan masih baik kondisinya untuk diminumkan lagi kepada bayi pada saat minum berikutnya. Untuk mencegah hal ini, sebaiknya ASI disimpan dalam botol yang tidak terlalu besar, jadi mengurangi sisa ASI yang tidak terminum.
    Menurut buku THE BREASTFEEDING ANSWER BOOK, halaman 228, beberapa penelitian menunjukkan bahwa terdapat kandungan zat dalam ASI yang tak dikenal untuk melindungi ASI dari bakteri dan kontaminasi. Sebuah studi, Barger & Bull 1987, mnemukan secara statistik bahwa tidak ada perbedaan kadar bakteri dalam ASI yang telah disimpan 10 jam dalam suhu ruangan dengan ASI yang telah disimpan selama 10 jam. Bahkan sebuah penelitian lain, Pardou 1994, menemukan bahwa setelah 8 hari disimpan di kulkas ada kecenderungan ASI memiliki kadar bakteri yang lebih rendah dibanding saat setelah diperah atau dipompa.
    Sumber: diterjemahkan dari situs La Leche League ( http://www.lalecheleague.org )

    ReplyDelete
  6. jgn sedih mbak...ASIpnya nanti juga penuh lagi..btw knapa nga pake tuperware aja? aku kepepet pake itu..plastik gerber muahal tenan..tapi demi ASIx dan anak tercinta mahh semua juga dijabanin yahh..gd luck yah mbak..

    ReplyDelete
  7. tenang tenangg jangan patah semangat :)

    ReplyDelete
  8. hiks..kebayang deh..kita mah asi setetes jg disayang2 yaaa :( aku juga pernah kejadian begitu tuh..sama pake botol bekas itu juga..karena persediaan botol kaca yg aku beli di rs st carolus abiss. sepertinya sih memang ada yg kurang kuat mungkin karena di rebus dan di freezer. dan bener juga ituu..isinya jgn penuh2 karena akan memuai. Tetep semangat mompa yaaaa :)

    ReplyDelete
  9. yang sabar ya mba....
    klo botol kaca isinya jangan penuh2 deh, cukup sampai leher botolnya aja.
    trus kasih wadah lagi dibawahnya, biar ga bersenggolan dan tergelincir.
    aku pakai btol ini juga, alhamdulillah ga pecah.

    ReplyDelete
  10. Mbak Uci : Iyah kayanya emang kepenuhan kali aku nuang nya hehehe coba tar aku coba lagi deh masih ada botol kacanya dua lagi :)

    Erlinaayu : salam kenal :) wuihh tuh udah dijawab panjang lebar dan lengkap tenan sama mba uci...

    Ida : masih sumanget ko da..hehehe da mun henteu malya kumaha atuh hehehe, ngan kesel we kamari swami kena getah na da ambek2an..trus maksa minta beliin si gerber eta..ehh dia malah bilang udah pake gelas2 tupperware..eh tulip ware deng...good idea (dalam hati tapi) nya sud dicicikeun we itu sisa asi hari jumat..untung aya 4 mayan..
    Bundanaizan : iyah emang mahal sih makanya nyoba beralih pake btol kaca itu hehehe tapi jadinya mo balik ke gerber lagi,,oh yah aku juga akhirnya pake gelas tupperware itu..tapi mbak aman kah kalo disimpan apda suhu frezer?

    shofadarda: iyah huhuhuhu apalagi sempet ngalamin kejar tayang..aku mau beli yg carolus apa daya jarang ke jakarta, lagi nyobain nitip ketemen..sapa tau bisa..tapi katanya hrs telp dulu yah? krn stok nya ga selalu ada..

    mba Ara : terima kasih...iyah Insya Allah nti malem mau nyoba nyimpen lagi di botol kaca itu tapi ga penuh2 Terima kasih ..

    ReplyDelete
  11. mbak , tupperware aman ko di suhu freezer ato di bawahnya asal isinya jgn penuh2 juga yahh..sisain 10-15cm supaya nga ngelembung (aduh apa yahh istilahnya??)..daripada pake gerber?? sayang lagii... mendingan buat imunisasi ao saving'kan..met coba yah mbakk..

    ReplyDelete
  12. bukan botol mba itu plastik khusus ASI yng bisa diseal gitu mereknya Gerber, kalo di bandung aku beli di toko Lavie baby house..ato di toko alat bayi.. pasti ada

    ReplyDelete
  13. Salam kenal.. Mau tanya dong kalo botol asip ku tutupnya lepas di dlm freezer msh boleh di minm ga ya? Sedih kl hrs dibuang huhu..perjuangan bgt soalnya.. Thx

    ReplyDelete