Tuesday, September 21, 2010

Malya oh malya...what should i do


malya hasna azizah ku saat ini mau memasuki usia 3 tahun 9 bulan..di bulan oktober nanti..tapi saat ini ibu khawatir..sejak beberapa teman ibu saat pertemuan halal bihalal atau pun pembicaraan dengan beberapa temen yang melihat pertumbuhan BB malya..apalagi kalo di kaitkan dengan penyakit..pada anak kegemukan..siapa sih ibu yang mau anaknya berpenyakit...

ibu mulai berpikir dan again mulai mencari informasi lengkap ..mengenai ini..malya saat ini BB nya hampir mendekati 23kg, TB 104cm..sejak kelahirannya grafiknya selalu menunjukan kenaikan ..dan hampir selali ada di persentil 95..

Malya Alhamdulillah lulus ASI x dan self weaning sampai usia 2 thn 7 bulan..malya minum susu UHT tapi tidak wajib.. ga selalu ada susu di rumah, hanya di awal masa sekolahnya malya selalu bekal susu UHT..kadang plain kadang berasa..tapi bnayakan berasa sih...

Kalo dari makanan..- to be honest saya aga takut sharing ini karena saya serius takutt banget malah postingan saya mengecilkan hati ibu2 ...bismillah semoga tidak yah-- malya ini termasuk anak yang ngga susah makan..malah beberapa waktu ini malya sering ngambek karena saya umpet2in makanan atau saya stop makanan nya..atau saya kurangin porsinya..saya takut..kelebihan..

Beberapa waktu lalu saya juga kurangin porsi makanan yang berkalori tinggi seperti roti, apalagi bergula..dan lemak..saya kadang mikir ulang apa menunya saya rubah total..tapi menu harian malya hanya seputar ...sayur bayam bening, sayur kacang merah, sup ayam, sup sapi, sup ikan, udang tempura, pindang ikan, ikang goreng, ayam kecap..itu menu paling sering ada dalam menu seminggu..makan nya satu hari 3 kali.. dnegan selingan saya jadwal 2 kali tapi laporan di rumah selingan yaitu bisa lebih dari dua kali.. makanan selingan..palings ering buah buahan (melon, markisa, pisang, pepaya, semangka, stroiberi , tomat, jelly puding..bingung juga hampir smua buah suka.. cuma beberapa buah kaya klengkeng, rambutan, duku, duren , nangka aku batesin..)


Nafsu makannya malya ajaib...apapun di cemil..even ikan di gadoin..ikan segala ikan eh dia ga suka ikan asin deng..anak ini kalo dibilang makanan kesukaan..bingung semua suka.. owhh aku inget..singkong..kalo makan singkong mau di goreng..di kukus di rebus..dia pasti doyann...wueheheh anak indonesia yahh..kekeke
Aktifitasnya sehari hari.. kalo sekolah.. dia bangun tidur terus mandi..sarapan ke sekolah..pulangnya jalan kaki, sampe rumah dia suka main sepeda2an..tidur siang..kemudian sore nya kadang main2 di jalan bersama anak2 ada main sepeda ada lari 2 dan kadang mengaji ..baru tidur sekitar pukul 9-10 an..


tapi melihat bobotnya yg dah lebih dari sekarung beras... im starting to worry dan berencana merubah total..menunya..tapi masih ada beberapa asumsi yang bilang untuk anak tidak boleh di berlakukan diet karena apalagi mengurangi kadar nutrisi dan gizi seperti mengurangi lemak dan kalori..bingung juga yah..tapi saya yang paling dekat meningkatkan aktifitas fisiknya.. aktifitas jalan joging di pagi hari akan mulai di galakkan lagi..
bergaya ala alay gini tua dari mana sih nak..
lainya apa yah..ada yang mau share..man teman...?

8 comments:

  1. nafsu makan Malya emang nyenengin bgt ya Yan...
    tp apa iya Malya obesitas..? kan makan yg dimakan pun sehat, jd ada kemungkinan genetik ga.. secara ayahnya kan jg besar.. semoga Malya sehat selalu yaaa

    ReplyDelete
  2. memangnya plot di growth chart sudah masuk ke skala obesitas ya? mungkin bisa mengurangi jumlah nasi / karbohidrat perlahan2 dan perbanyak aktivitas malya *mati ide karena anak2 kecil semua :P

    ReplyDelete
  3. andaikan nafsu makan emine siga malya, duhhh emine mah hese surese

    ReplyDelete
  4. Gimana kalo ke ahli gizi aja mba? Kalo dilihat sih emang makanannya udah seimbang, mungkin porsinya gede kali yah mba hehehe..

    ReplyDelete
  5. aduh kalo lama2..bikin mengelus dada ra..*serius mode on
    sebenrnya "obesitas" itu msih dalam bayangan ketakutan..belum dapat terbukti jg sih say.. ibuna kuatir ieu teh banyak yg bilang juga ada kemungkinan keturunan sih secara bapaknya segeda gaban, tapi harapan gw jgn keterusan sampe gede ahh masa anak gadis endud, i wish malya kaya aya uy ..yg makannya dan ngemilnya sayuran kukus..

    aminn semoga anak2 kita sehat terus yah

    ReplyDelete
  6. selalu di yg warna kuning mbak..
    iyah ini udha saya coba terapkan ga ada tambahan nasi lagi..atau saya ambilnya dikit.. tapi jadinya dia ngemil lawuhnya..ayam ikan..sup atau sayurnya

    tuh kann jadi bandingin huaahhh..maafkeunn but trully im worried mom

    ReplyDelete
  7. wah emine mah aktif na ruarr biasa..

    ReplyDelete
  8. lagi coba belajar dulu sendiri hihii..aga parno yah dasar mak nya suka bikin serba salah aja ..heheheh

    iyah nih lagi coba berdamai dikit2 dikurangin porsinya tapi negmilnya jadi bnayakkk ..mak

    ReplyDelete