Thursday, October 22, 2009

Belajar lagi ..Biduran

Setelah kejadian diarenya malya Kamis (15 oct) yang berakhir selasa (20 Oct) yang setelah hasil browsing sana sini baca sana sini dan konsul by phone ke dr Anto diare dan muntahnya malya mengarah pada Viral Gastroenteritis...yang dapat memakan waktu sampai 14 hari Alhamdulillah di hari ke 7 ..8 tepatnya hari rabu diarenya mampet stop..tanpa diberikan obat apapun hanya oralit..btw 6 hari diare BB nya drop jadi 15,6 kg dari 18 kg...

Satu hilang muncul lagi yang lain..bentol bentol di seluruh badan , tangan kaki dan muka..yang hilang timbul besarnya bervariasi dan keliatanya gatal sekali karena malya ngeluh gatel gatel..kalo roseola dan campak kan ga timbul dan selalu diawali dengan demam...jadi apa ini yahh?

hanya di balurin kayu putih, telon dan talk aja untuk mengurangi rasa gatelnya tapi ternyata semakin di garuk semakin meluas dan berpindah pindah.. sampe muka nya juga..duh kesian

Menjelang magrib..tuh gatel ilang ..malya main main lagi biasa..dan waktu malemnya sukses gelisah karena tuh bentol nyerang lagi...kesian liat malya garuk garut.,..mana tunduhhh sigana nya ibuna nya malya na..ayah gantian garukin dan olesin telon..

Selasa siang ketika menemukan malya gatel2 sempet terlintas kemungkinan alergi tapi rasanya malya ga pernah ada alergi dari bayinya..terus ganti sprey, ganti baju, keprak kepruk (karena sebelah kamar kita diatas teh ada kolam ikan dan kebun kecil yang imbasnya suka kedatangan segala macem hewan tak dikenal ngapung ke kamar...)
tapi si ateul tetep aja ..seperti biasa nelp teh dinny..(peluk peluk nuhun )..

Dari beberapa artikel bentol bentol itu mengarah pada biduran/kaligata bahasa sundanya..atau bahasa medisnya Urtikaria..salah satu bentuk reaksi alergi

"Urtikaria (urticaria, biduran, kaligata, liman) adalah reaksi alergi (melibatkan pembuluh darah atau vaskuler) pada kulit (dan mukosa) yang ditandai dengan bentol-bentol (adakalanya hanya berupa bercak merah) pada kulit, berwarna merah atau berwarna keputihan dan gatal, sebagai akibat pembengkaan (edema) interseluler. 

Berdasarkan waktunya, urtikaria dapat berlangsung singkat (akut, kurang dari 6 minggu), lama (kronis, lebih 6 minggu) dan berulang (kambuhan)."

Urtikaria secara singkat terjadi sebagai akibat pelebaran pembuluh darah (istilah kerennya: vasodilatasi) dan peningkatan kepekaan pembuluh darah kecil (kapiler) sehingga menyebabkan pengeluaran cairan (transudasi) dari membran pembuluh darah, akibatnya terjadi bentol pada kulit. Kondisi ini dikarenakan adanya pelepasan histamin yang dipicu oleh paparan alergen (bahan atau apapun pencetus timbulnya reaksi alergi).

Adapun pelepasan histamin terjadi melalui 2 mekanisme: (1) mekanisme imunologi, yakni reaksi hipersensitivitas type 1 atau adakalanya type 3; (2) mekanisme non-imunologi, (liberator histamin) yakni reaksi yang bersifat fisik.

Pada prinsipnya penatalaksanaan terbaik pada urtikaria adalah menghindari faktor penyebabnya, namun pada kenyataannya tidaklah mudah. Lha gimana, wong tiba-tiba si bentol merah langsung muncul tanpa peringatan sehingga sulit mengamati faktor penyebabnya. Kadang penyebabnya dapat diketahui tapi sulit dihindari, misalnya cuaca dingin, debu rumah, dll. Pada urtikaria akut dan ringan biasanya mudah disembuhkan tanpa atau dengan obat-obatan.

Sumber :http://cakmoki86.wordpress.com/2009/02/14/urtikaria-atau-biduran/

Salah satu penyebab biduran ini juga katanya di sebutkan salah satunya pada anak yang terkena infeksi virus..kalo dihubungkan dengan diarenya malya nyambung juga sih ... efek lanjutannya kali..

Semaleman malya gelisah garuk2 terus.. kesian juga terganggu banget..mau kasih obat antihistamin..CTM..ga tau dosisnya..telp dr Anto ga berhasil ..diputuskan kunjungin dsa..pilihan langsung ke dr, S. di RS Santosa (rekomendasi teh Ira)...nuhun teh..Bismillah..karena ini pertama kalinya ke dokter..untuk malya..

terakhir dulu wkt usia 5 hari kontrol pertama kali ke dsa SJ di boromeus di resepin puyer Luminal..grr bgt deh waktu tau apa kandungan obat nya..dan disaranin rawat inap padahal bilirubinnya 11..untung penuh semua kamar anak ,n rencana tuk kabur ga dijalankan..karena boleh rawat dirumah..yah udha ahh masa lalu...

lanjutttt .....

Disana ada tempat mainnya dia asik main selama main sampe masuk ke ruang dokter ga muncul tuh gatel2nya..padahal sepanjang perjalanan tuh bentol2 terus menyebar dari kaki ke muka..

Pas konsul tuh bentol juga ga muncul tapi saya deskripsikan sedetail mungkin bentuknya..dan yakinin kalo itu mah bentol yg muncul bukan rash..taunya yang diduga akibat VG/flu perut ternyata menurut dokter nya bukan itu ,betul urtikaria yang disebabkan Alergi..reaksi terjadap sesuatu..

ditanya terakhir makan apa sayur kacang merah yah itu bisa jadi kemungkinan pemacunya ...sayur kacang itu bukan sayur pertama yang malya konsumsi sering banget..

waktu dokter tanya "ada riwayat keluarga yang alergi?

pas saya jawab "ngga"..ayahnya jawab "ada" ketauan ga kompak heuheuee..

Eyang putri yang berkulit putih kaya pualam (huehue ini orang2 yang bilang loh dan emang putih ko) kalo udara dingin dan makan udah langsung bentol2 dan gatell..

Ayahnya..tiap pagi suka bersin bersin..pilek..

tapi ko munculnya disaat malya usianya 2 thn 9 bulan..

mungkinkah karena ketika kecil tidak bereaksi karena masih ada imunitas / antibodi dari ASI?? dokternya bilang sih..mungkin saja dulu belum / tidak muncul karena ada sensor memori yang hanya mneyimpan saja yang kemudian hari muncul /bereaksi alergi ketika diberi rangsangan /pencetusnya muncul...

Yah oke baiklah hanya di bekalin antihistamin..merek dagangnya Celestamine...tapii ada sedikit insiden dsa aga bersuara Tinggi waktu Ibu keceplosan keluar kata kata "obatnya aman dok?"

spontan " pake logika dong seorang dokter kasih obat untuk anak yang ngga aman!"

wew maaff maaff ..yang mau keluar dari mulut ibu seharusnya "kandungan/bahan aktifnya  apa ?" tapi sebelumnya ibu undah tanya ko itu antihistamin yah dok? dijawab iyah..

setelah browsing celestamine (yg bawah yg tablet) itu bukan hanya antihistamin tapi juga ada kandungan steroid nya dan termasuk golongan obat keras:

Celestamine*kategori --> obat resep (obat keras,gol G)NAMA : CELESTAMINE GENERIK Per tablet : Betametason 0,25 mg, Deksklorfeniramini maleat 2 mg. INDIKASI Alergi pernapasan, mata & kulit. KONTRA INDIKASI Bayi baru lahir & bayi prematur.Ulkus peptikum.Infeksi jamur sistemik.PERHATIAN Sirosis.Herpes simpeks pada mata. Ketidakstabilan emosi atau kecenderungan psikosis. Kolitis ulseratif non spesifik, divertikulitis, anastomosis usus yangbaru, obstruksi (penyumbatan) piloroduodenal.Insufisiensi ginjal. Hipertensi, osteoporosis. Miastenia gravis.Tuberkulosa. Anak-anak.Hipertrofi prostat. Penggunaan sewaktu melakukan aktifitas yang membutuhkan kewaspadaan mental.Interaksi obat : - metabolisme kortikosteroid dipertinggi oleh Fenobarbital, Fenitoin,Rifampisin, Efedrin.- hipokalemia diperparah oleh diuretika hemat Kalium, Amfoterisin B. - glikosida jantung, Kumarin, Aspirin, obat-obat anti radang.- alkohol, depresan susunan saraf pusat, penghambat mono amin oksidase.EFEK SAMPING Gangguan muskuloskeletal, saluran pencernaan, kulit, saraf, endokrin,mata, metabolisme, psikiatri, kardiovaskular (jantung dan pembuluhdarah), darah, alat kelamin dan saluran kemih, serta pernapasan.KEMASAN Tablet 150 biji. DOSIS Dewasa : 3-4 kali sehari 1-2 tablet.Maksimal : 8 tablet sehari. PABRIK Schering-Plough.

Nyesell udah ngasih 1/2 sdk obat ke malya dan malya suka banget minum obat (efek ngeliat temen2nya minum aneka jenis obat batuk pilek dan vitamin)..malah minta lagi lagi..

Antihistamin yang paling ringan itu hanya ctm ternyata dan generik lebih murah pula.. du duh duh....

Next PR nya..tetep ngawasin dan alert kalo malya biduran lagi plus sedia ctm kalo bener2 diperlukan..aja tapi masih nyai pencetus alerginya..

Katanya lagi ibu Dokter..nunggu Malya 3 thn tuk test alergi untuk tau IgEnya..setauku tes alergi ditusuk tusuk yah hii serem ahh..

Mudah mudahan seiring usia bisa hilang yah..dan ibu tetep kudu terus belajar yukkk mareeee..




3 comments:

  1. Sama yan gw juga suka biduran, dulu mah sering tuw hampir tiap malem sampe pagi. Obat biduran gw sih cuma matahari, bgitu ada matahari ilang deh tu biduran tp ga jelas juga alergi apa tp gw sok sok mendiagnosis aja kalo biduran gw dsebabkan kondisi tubuh yg ga fit soalnya skrg2 ga pernah biduran lg :D

    Malya hebay euy diumur 2th 9bl baru skali ke dokter. Sehat selalu ya neng..!

    ReplyDelete
  2. nah itu dia blom tau juga apa bener biduran yg kmeren karena alergi..

    masih diliat nih jneg..mudah2 an sama kaya bundanya aya krn lagi ga fit yah meskia da bakat alergi,

    dia mau ke dokter lagi skrang role play nya dokter dokteran heueue

    ReplyDelete
  3. Browsing2 gara2 anak keluar merah2 di kulit n pindah2 tempatnya akhirnya nemu tulisan ini, nanya dong mba, itu kalau tanpa obat sembuhnya berapa lama? Anakku baru keluarmerah2 dikulit semalem, n digaruk terus gatel2, mau kasi obat2 rada awas, usianya 2 tahun juga

    ReplyDelete